Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi smartphone. (BestBritishWriter)

Tech.hitekno.com - HarmonyOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Huawei. Ini merupakan sistem operasi terbaru yang merupakan pengganti sistem operasi Android yang sebelumnya digunakan oleh Huawei.

Sistem operasi ini didesain untuk digunakan pada perangkat mobile, namun juga dapat digunakan pada perangkat IoT (Internet of Things) lainnya seperti smartwatch dan smart speaker.

Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google yang dirancang untuk digunakan pada perangkat mobile, termasuk ponsel, tablet, dan smartwatch.

Baca Juga:
10 Fakta Menarik Avengers Secret Wars, Penutup The Multiverse Saga?

Android juga dapat digunakan pada perangkat IoT lainnya seperti smart TV dan smart speaker. Android merupakan sistem operasi yang paling populer di dunia dan digunakan oleh banyak produsen perangkat mobile selain Huawei.

Perbedaan utama antara HarmonyOS dan Android adalah bahwa HarmonyOS dirancang untuk digunakan pada berbagai jenis perangkat selain ponsel, sementara Android hanya ditujukan untuk perangkat mobile.

Berikut adalah perbedaan HarmonyOS dan Android:

Baca Juga:
Intel Siap Usung CPU Generasi ke-13 dengan 24 Core

  1. Sistem operasi: HarmonyOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Huawei, sedangkan Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google.
  2. Arsitektur: HarmonyOS menggunakan arsitektur microkernel, yang memungkinkan sistem operasi tersebut untuk digunakan pada berbagai perangkat dengan mudah. Android, di sisi lain, menggunakan arsitektur Linux.
  3. Kompatibilitas perangkat: HarmonyOS dapat diinstal pada berbagai perangkat seperti smartphone, smartwatch, dan perangkat IoT lainnya. Android hanya dapat diinstal pada smartphone dan tablet.
  4. Ekosistem aplikasi: HarmonyOS baru saja diluncurkan, sehingga ekosistem aplikasi yang tersedia masih terbatas. Android, di sisi lain, memiliki ekosistem aplikasi yang lebih luas dan terdapat di Play Store.
  5. Kompatibilitas dengan Google Play Services: HarmonyOS tidak kompatibel dengan Google Play Services, sedangkan Android merupakan sistem operasi resmi yang didukung oleh Google Play Services.

Itulah sederet hal yang perlu kamu tentang HarmonyOS dan Android. Sudah terobati rasa penasarannya?