Cesar Uji Tawakal
Samsung One UI 5. (Samsung)

Tech.hitekno.com - HP Samsung dan Galaxy Tab dilengkapi dengan banyak aplikasi pra instal yang banyak diantaranya tidak berguna bagi pengguna. Aplikasi semacam itu disebut bloatware dan karena diinstal sebagai aplikasi sistem, opsi hapus instalannya tetap tidak tersedia.

Cara menghapus bloatware HP Samsung bisa dilakukan. Cara ini dapat menonaktifkan dan menghapus instalan aplikasi sistem tanpa root menggunakan perintah ADB. Cara menghapus bloatware HP Samsung juga bisa digunakan untuk semua seri Samsung.

Jika kamu memiliki HP Samsung yang telah di-root, kamu dapat mencoba aplikasi seperti System App Remover dan Bloatware Remover untuk menghapus aplikasi sistem yang tidak berguna tanpa menggunakan PC. Berikut cara menghapus bloatware HP Samsung yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga:
7 Situs Cari Kerja Remote Luar Negeri Biar Bisa Panen Dolar

Cara Menghapus Bloatware HP Samsung melalui ADB

Android Debug Bridge atau ADB adalah alat baris perintah yang kuat yang dapat melakukan beberapa tugas. Kamu dapat menggunakan perintah untuk mem-boot ulang HP Samsung ke Mode Unduhan.

Selain itu, ADB juga memudahkan untuk menonaktifkan, memblokir, mencopot, dan menginstal ulang aplikasi sistem di perangkat Android.

Baca Juga:
3 Cara Freeze dan Unfreeze Kolom atau Baris di Google Sheet

Metode ini tidak hanya berfungsi di perangkat Samsung tetapi di semua perangkat Android yang menjalankan Android 5.0 Lollipop dan lebih tinggi.

  1. Unduh alat Platform SDK terbaru dan atur di komputer Windows.
  2. Pastikan kamu telah menginstal driver USB Samsung di PC.
  3. Agar perintah ADB dapat berkomunikasi dengan komputer, kamu harus mengaktifkan USB debugging pada perangkat Samsung.
  4. Harap perhatikan bahwa layar perangkat tidak terkunci saat kamu menjalankan perintah ADB. Buka Pengaturan > Tampilan > Batas Waktu Layar dan tingkatkan durasi menjadi 10 menit.
  5. Hubungkan HP Samsung ke PC.
  6. Sekarang buka folder platform-tools dan luncurkan jendela Power Shell atau Command Prompt. Untuk melakukannya, cukup ketik 'cmd' di bilah alamat folder dan tekan tombol Enter.
  7. Sekarang, ketik perintah ADB berikut dan tekan tombol Enter. Awasi layar HP saat melakukannya dan Izinkan USB debugging saat diminta.
  8. Ini harus mengembalikan ID perangkat dalam bentuk string alfanumerik untuk menunjukkan bahwa HP terhubung dengan benar dan siap berinteraksi dengan ADB melalui komputer.
  9. Sekarang, jalankan perintah berikut.
  10. Kamu sekarang dapat menjalankan pm uninstall -k --user 0 (ini akan menyimpan data dan cache aplikasi), atau pm uninstall --user 0 (hapus data aplikasi juga) diikuti dengan nama paket dari aplikasi sistem yang akan dihapus untuk dihapus dari HP.
  11. Kamu dapat melihat daftar lengkap aplikasi Samsung yang aman untuk dihapus bersama dengan ekstensi perintah di Google Drive.
  12. Setelah menjalankan setiap perintah pencopotan pemasangan aplikasi, kamu akan mendapatkan pesan "Sukses" untuk menunjukkan bahwa paket aplikasi telah dihapus.

Dengan demikian kamu dapat mencopot pemasangan aplikasi yang sudah terinstal di smartphone atau tablet Samsung Galaxy sebanyak tanpa root. Selamat mencoba.

Baca Juga:
Bingung Memilih Smart TV? Ikuti Dulu 6 Tips Berikut Ini

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins