Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi satelit. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Apple memperkenalkan konektivitas satelit darurat dengan model iPhone 14-nya musim gugur lalu, dan jelas perangkat Android tidak bisa diam saja di zona nyaman.

Dilansir dari GSM Arena, CES Qualcomm mengumumkan Snapdragon Satellite, layanan pesan satelit dua arah yang akan tersedia di "smartphone Android premium generasi berikutnya".

Hal ini dimungkinkan melalui kemitraan dengan Iridium, yang mengoperasikan konstelasi satelit orbit Bumi Rendah berkekuatan 66 orang. Salah satu pesaing utamanya adalah Globalstar, yang merupakan mitra Apple untuk layanannya.

Baca Juga:
TV Nirkabel Ini Bikin Heboh, Sekali Isi Daya Bisa Tahan Sebulan

Satelit Snapdragon akan mendukung perpesanan dua arah untuk penggunaan darurat, SMS SMS, dan "aplikasi perpesanan lainnya". Qualcomm dengan jelas menyatakan itu tidak hanya untuk keadaan darurat, tetapi juga memungkinkan gadget untuk dibawa rekreasi di lokasi terpencil, pedesaan, dan lepas pantai.

Fitur ini akan diusung oleh perangkat yang yang dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 2. Pesan darurat di Snapdragon Satellite "direncanakan akan tersedia di smartphone generasi berikutnya, diluncurkan di wilayah tertentu mulai paruh kedua tahun 2023", menurut Qualcomm.

Snapdragon 8 Gen 2. (Qualcomm Technologies)

Snapdragon Satellite juga dapat diperluas ke perangkat lain, seperti laptop, tablet, mobil, dan produk IoT. OEM dan pengembang aplikasi dapat menawarkan layanan bermerek unik yang memanfaatkan konektivitas satelit. Satelit Snapdragon akan mendukung Jaringan Non-Terestrial (NTN) 5G saat tersedia.

Baca Juga:
Spesifikasi Lenovo IdeaPad Pro 5 Terbaru, Usung AMD Ryzen 7 dan Layar 120 Hz

Garmin akan berkolaborasi dengan Qualcomm "dengan dukungan untuk pesan darurat". Brad Trenkle, wakil presiden segmen luar ruangan Garmin, mengatakan "Garmin menyambut baik kesempatan untuk memperluas layanan tanggap darurat satelit kami yang telah terbukti kepada jutaan pengguna smartphone baru secara global.

Garmin Response mendukung ribuan insiden SOS setiap tahun dan kemungkinan telah menyelamatkan banyak nyawa dalam prosesnya, dan kami berharap dapat berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies dan Iridium untuk membantu orang-orang terhubung ke layanan darurat di mana pun kehidupan membawa mereka".

Baca Juga:
5 Harga TV LED 32 Inch dan Spesifikasinya, Mulai 1 Jutaan