Cesar Uji Tawakal
iPhone SE 2022. (Apple)

Tech.hitekno.com - Apple menyegarkan smartphone termurahnya setiap dua tahun, dan karena ada rilis iPhone SE pada tahun 2022, yang berikutnya dijadwalkan untuk tahun 2024.

Walau demikian, kali ini beda. Dilansir dari GSM Arena, sebuah laporan dari analis terkemuka tentang semua hal Apple, Ming-Chi Kuo, mengisyaratkan bahwa iPhone SE sudah berakhir.

Menurut Kuo, Apple telah menginstruksikan mitra rantai pasokannya bahwa rencana produksi dan pengiriman untuk iPhone SE 2024 telah dibatalkan, dan tidak hanya tertunda.

Baca Juga:
Tak Ada Reno9, Oppo India akan Langsung Datangkan Reno10

Chip terbaru buatan dari Apple seharusnya diadopsi oleh iPhone SE berikutnya terlebih dahulu. Apple ingin menggunakan perangkat itu sebagai semacam kelinci percobaan.

Dan jika terjadi kesalahan, setidaknya mereka melakukannya pada smartphone termurah yang dijualnya, bukan salah satu model yang lebih menguntungkan.

Jika semuanya berjalan dengan baik, maka chip tersebut mungkin telah menemukan jalannya ke seri iPhone 16 nanti pada tahun 2024.

Baca Juga:
Terharu Lihat Momen Ehsan Upin Ipin Pindah Rumah, Netizen: Gue Nangis Kejer Pas Episode Ini

Namun sekarang, dengan pembatalan iPhone SE 2024, ada spekulasi mengenai kemungkinan dari Apple untuk memakai chipset Qualcomm.

Dan karena kekhawatiran itu, kemungkinan Qualcomm memasok chip baseband untuk generasi iPhone 16 telah meningkat secara signifikan.

Ini akan bertentangan dengan "konsensus pasar" sejauh ini, yaitu bahwa Qualcomm akan mulai kehilangan pesanan iPhone pada tahun 2024.

Baca Juga:
Link Nonton Film The Menu Gratis, Bukan di LK21 atau IndoXXI

Dengan perkembangan ini, Qualcomm masih akan memasok Apple hingga setidaknya 2025. Qualcomm diperkirakan akan terus mendominasi pasar chip baseband seluler kelas atas global tahun ini dan berikutnya, yang mengarah ke margin keuntungan yang jauh lebih tinggi daripada (beberapa) pesaingnya.