Rezza Dwi Rachmanta
Logo Qualcomm. (Qualcomm)

Tech.hitekno.com - Qualcomm resmi mengenalkan Snapdragon Satellite di CES 2023. Ini adalah solusi pengiriman pesan dua arah, berbasis satelit pertama di dunia untuk HP flagship.

Teknologi tersebut menawarkan jangkauan yang tersedia secara global. Petinggi Qualcomm mengklaim bahwa tambahan baru pada platform Snapdragon ini menempatkan perusahaan pada posisi unggul untuk mengaktifkan kemampuan komunikasi satelit.

Snapdragon Satellite menggunakan spektrum L-band yang tahan cuaca untuk uplink dan downlink dari Iridium.

Baca Juga:
iPhone SE Tamat, iPhone 16 Bakal Pakai Chipset Qualcomm?

Ini menyediakan konektivitas global menggunakan pesan seluler dari seluruh dunia, dimulai dengan perangkat berbasis Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform.

Pengiriman pesan darurat melalui Snapdragon Satellite direncanakan mulai tersedia di HP flagship berikutnya, diluncurkan di wilayah tertentu mulai semester kedua 2023.

Ilustrasi satelit. (Pixabay)

Dimulai dengan smartphone premium akhir tahun ini, tambahan baru pada platform Snapdragon menempatkan kami pada posisi unggul untuk mengaktifkan kemampuan komunikasi satelit dan menawarkan layanan di berbagai kategori perangkat,” ujar Durga Malladi, Senior Vice President dan General Manager, Cellular Modems dan Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc.

Baca Juga:
Ini 5 Smartphone Berchipset Snapdragon 778G Mulai 4 Jutaan

Di luar smartphone, Snapdragon Satellite dapat tersedia di perangkat lain, termasuk laptop, tablet, kendaraan, dan IoT.

Jaringan kami disesuaikan untuk layanan ini, di mana satelit LEO canggih kami mencakup seluruh bagian di dunia dan mendukung koneksi berdaya dan latensi rendah yang sesuai untuk layanan bertenaga satelit yang dimungkinkan oleh Snapdragon Satellite yang terdepan di industri," kata ujar Matt Desch, CEO, Iridium.

Garmin Response telah merespons ribuan insiden SOS setiap tahunnya serta menyelamatkan banyak jiwa dalam prosesnya, dan kami berharap dapat berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies dan Iridium untuk membantu orang terhubung ke layanan darurat di mana pun kehidupan membawa mereka,” jelas Brad Trenkle, Vice President of Garmin’s Outdoor Segment.

Baca Juga:
Mediatek Umumkan Chipset Baru Genio 700, Ini Keunggulannya

Seiring pertumbuhan ekosistem Snapdragon Satellite, OEM dan pengembang aplikasi dapat membedakan dan menawarkan layanan unik brand dengan memanfaatkan konektivitas satelit.

Snapdragon Satellite direncanakan untuk mendukung 5G Non-Terrestrial Networks (NTN), berkat infrastruktur dan konstelasi satelit NTN yang telah tersedia. (Suara.com/Dythia Novianty)