Rezza Dwi Rachmanta
Cara pakai eSIM di HP Android. Ilustrasi: Samsung Galaxy S22 Ultra mendukung fitur eSIM. (Samsung)

Tech.hitekno.com - eSIM memungkinkan pengguna dapat memiliki kartu SIM atau SIM card yang terinstal dan tertanam tanpa versi fisiknya. Berikut kami akan memberikan penjelasan mengenai cara pakai eSIM di HP Android.

Kartu SIM atau Subscriber Identity Module merupakan sirkuit terintegrasi (IC) yang berfungsi untuk menyimpan nomor identitas pelanggan seluler internasional (IMSI) dengan aman.

Secara teknis, kartu fisik sebenarnya dikenal sebagai Universal Integrated Circuit Card atau Kartu Sirkuit Terpadu Universal (UICC).

Baca Juga:
Rilis Update Baru, TikTok Serius Awasi Konten Sensitif

SIM card membantu mengidentifikasi serta mengautentikasi pelanggan di perangkat seluler atau tablet. Sejauh ini, lebih dari 7 miliar perangkat terhubung ke jaringan seluler di seluruh dunia.

Pengguna yang mempunyai kartu SIM dapat terhubung ke jaringan seluler sehingga bisa berkomunikasi serta memanfaatkan paket data internet.

Ilustrasi Kartu SIM. (Pixabay)

eSIM memiliki fungsi sama seperti SIM card pada umumnya. Meski begitu, eSIM merupakan SIM berbasis perangkat lunak yang disematkan ke dalam eUICC yang tidak dapat dilepas. Berikut penjelasan mengenai cara pakai eSIM di HP Android:

Baca Juga:
CES 2023: MediaTek Kenalkan Ekosistem Global Produk WiFi 7

  • Pastikan HP Android kalian sudah mendukung fitur eSIM dan terhubung jaringan internet.
  • Buka menu Setting > pilih koneksi.
  • Pilih Pengelola Kartu SIM. Temukan ikon "Plus" atau sub menu "Tambahkan Paket Seluler"
  • Setelah klik "Tambahkan Paket Seluler", smartphone secara otomatis akan mencari jaringan.
  • Pilih fitur "Tambahkan menggunakan QR Code" dan pindai atau scan QR Code pada kartu perdana.
  • Klik "Add Cellular Plan" atau "Tambahkan Paket Seluler Baru".
  • Pilih "Aktifkan Paket Seluler Baru". Jika berhasil, pengguna bisa langsung regitrasi ke nomor 4444 untuk memasukkan data diri.

Apa itu eSIM?

Ilustrasi Kartu SIM. (Pixabay)

Dengan eSIM (embedded-SIM) atau SIM digital, kita bisa menggunakan paket data dan jaringan seluler tanpa harus memakai makro, mikro, dan juga nano SIM fisik.

Dua operator seluler di Indonesia yang menyediakan eSIM adalah Smartfren dan Indosat Ooredoo Hutchison. Operator lain seperti XL Axiata dan Telkomsel kabarnya sedang mempersiapkan penerapan teknologi eSIM.

Baca Juga:
Cara Unreg Kartu SIM Berbagai Operator Seluler, Singkat Langkahnya

Smartfren adalah operator pertama yang memopulerkan eSIM pertama kali di Indonesia. Pada tingkat global, eSIM mulai dikenal sejak tahun 2016. Samsung Gear S2 Classic 3G adalah perangkat pertama yang mengimplementasikan eSIM.

Samsung Galaxy S20 mendukung fitur eSIM. (Samsung)

Selama ajang Mobile World Congress (MWC) 2017, Qualcomm memperkenalkan teknologi serupa pada chip Snapdragon yang dintegrasikan pada perangkat lunak.

Apple memperkenalkan dukungan eSIM pada Watch Series 3 di tahun 2017. Model iPhone pertama yang mendukung eSIM adalah iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Tak ingin ketinggalan, Google mengenalkan Pixel 2 pada Oktober 2017. Perangkat mempunyai dukungan eSIM untuk digunakan dengan layanan Google Fi -nya.

Semenjak itu, puluhan smartphone Android dan iOS generasi selanjutnya memiliki kemampuan untuk mendukung fitur eSIM.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara pakai eSIM di HP Android, langkahnya mudah banget bukan?