Rezza Dwi Rachmanta
Samsung Galaxy Tab A8 WiFi. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Samsung mulai agresif dalam menggulirkan sistem operasi terbaru ke sejumlah smartphone dan tablet. Pengguna Samsung Galaxy Tab A8 bakal memperoleh update Android 13 pada Januari 2023.

Update yang digulirkan oleh perusahaan juga mencakup antarmuka anyar yaitu One UI 5.0.

Laporan dari Sam Mobile, pengguna Samsung Galaxy Tab A8 model Wi-Fi bisa mendapat update Android 13 melalui versi firmware X200XXU1CVL5 di wilayah Eropa.

Baca Juga:
Satelit NASA Akan Jatuh Ke Bumi, Setelah 38 Tahun Beroperasi

Model Galaxy Tab A8 versi LTE memperoleh One UI 5.0 melalui versi firmware X205XXU1CVL5 di India.

Update masih terbatas untuk wilayah Eropa dan India. Meski begitu, pembaruan tersebut juga akan menuju ke tingkat global termasuk ke Indonesia.

Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)

Pembaruan untuk Galaxy Tab A8 LTE di Eropa mengusung nomor firmware X205XXU1CVL6. Jika ingin mengecek update Android 13 sudah tersedia atau belum, kalian perlu memantau menu Settings > Software Update.

Baca Juga:
Samsung Galaxy Z Fold5 Bawa Chipset Anyar dan Fitur Mirip Galaxy S22 Ultra

One UI 5.0 menawarkan desain lebih bersih dan kemampuan multitasking lebih baik. Pengguna bisa memperoleh fitur multitasking yang dioptimalkan berkat gesture multi-window anyar.

Perusahaan mengungkap bahwa One UI 5.0 menawarkan fitur baru yang membantu pengguna menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih efisien.

Widget di One UI 5 hadir dengan opsi anyar yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home screen tetap rapi dengan Stack widget terbaru.

Baca Juga:
Siap Meluncur, Tablet Realme Pad Slim Muncul di Situs E-Commerce

Samsung One UI 5. (Samsung)

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan lebih efisien.

Samsung Galaxy Tab A8 merupakan tablet entry-level dengan harga terjangkau. Perangkat memiliki layar TFT 10,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel dan aspek rasio 16:10. Perusahaan turut membenamkan empat speaker dengan dukungan Dolby Atmos.

Perangkat memiliki chipset Unisoc Tiger T618 yang dipasangkan dengan RAM 3 GB/ 4 GB dan penyimpanan internal hingga 128 GB.

Baca Juga:
5 Tablet Xiaomi yang Terima Upadte MIUI 14 mulai April 2023

Chip Unisoc tersebut membawa CPU berkonfigurasi dua core Cortex-A75 yang berjalan pada 2,0 GHz dan 6 core Cortex-A55 pada 1,8 GHz. CPU octa-core dipasangkan dengan GPU Mali-G52 MP2.

Samsung Galaxy Tab A8 membawa baterai 7.040 mAh dengan dukungan fitur fast charging 15 W. Harga Samsung Galaxy Tab A8 dibanderol mulai dari Rp 2.999.000 untuk model W-Fi Only (3GB/32GB).