Agung Pratnyawan
Smart TV - Android TV. (Polytron)

Tech.hitekno.com - Ketahui apa perbedaan TV Digital dan Smart TV yang harus diketahui, agar tidak sampai salah beli. Dua jenis televisi yang kini banyak beredar di pasaran.

Televisi telah mengalami inovasi yang signifikan selama beberapa dekade terakhir. Mengikuti migrasi digital, pecinta TV kini dapat menikmati kualitas dan variasi yang lebih baik di layar mereka. Dengan maraknya model televisi, beberapa yang sedang populer, yaitu digital dan Smart TV.

Namun ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu apa perbedaan dari keduanya. Perbedaan TV digital dan smart TV membantu kamu menentukan ingin membeli perangkat yang mana sesuai kebutuhan.

Baca Juga:
5 Rekomendasi Smart TV 43 Inch Murah, Mulai Rp 3 Jutaan

Berikut perbedaan TV digital dan smart TV yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Apa itu TV digital? TV digital adalah perangkat televisi dasar yang menggunakan sinyal digital untuk transmisi audio dan video. Dibandingkan dengan komunikasi analog yang digunakan di masa lalu, TV digital menawarkan lebih banyak aksesibilitas dan kualitas unggul dalam format gambar kualitas tinggi.

Baca Juga:
4 Rekomendasi Smart TV 4K, Kualitas Layar Jempolan!

Di sisi lain, smart TV adalah TV digital dengan sistem operasi dan browser web bawaan. Di smart TV, kamu dapat menonton saluran yang diatur oleh penyiar dan mengakses aplikasi seperti Netflix, YouTube, Amazon Prime, dan Hulu. Ada beberapa perbedaan antara TV Digital dan Smart TV.

Pertama, TV digital dilengkapi dengan layanan dekoder yang telah diinstal sebelumnya untuk memungkinkan penayangan saluran. Beberapa orang pernah bertanya, ''Bisakah TV digital terhubung ke internet?'' Sayangnya tidak

. Set tidak dilengkapi dengan browser web bawaan. Oleh karena itu, kamu tidak memerlukan Wifi untuk berfungsi secara efektif.

Baca Juga:
Bingung Memilih Smart TV? Ikuti Dulu 6 Tips Berikut Ini

Namun, jika kamu memiliki TV digital dan ingin mengakses internet, kamu bisa mendapatkan decoder untuk memfasilitasi hal yang sama. TV kamu harus memiliki port HDMI (High Definition Multimedia Interface) agar kotak dapat dicolokkan dan memastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

Berbeda dengan smart TV yang tidak memerlukan koneksi internet, perangkat pintar mengandalkan koneksi Wifi yang stabil karena adanya platform streaming. Kamu dapat mengontrol layar secara langsung atau melalui smartphone.

Kamu juga dapat menggunakan Asisten Google. Beberapa orang menyebut smart TV sebagai hibrida dari komputer dan TV.

Kamu juga dapat mengakses situs media sosial dan mengunduh lebih banyak aplikasi tergantung pada sistem operasi di layar digital. Pecinta game juga dapat menikmati bermain game favorit mereka secara online.

Namun, pastikan aplikasi yang kamu download berasal dari situs terpercaya. Kamu juga dapat berlangganan layanan berbayar untuk mengaksesnya.

Meskipun terlihat serupa, TV digital dan smart TV sangat berbeda satu sama lain, karena smart TV dapat terhubung ke Internet, tempat kamu dapat mengakses aplikasi dan layanan streaming.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang melayani berbagai jenis konsumen dengan kebutuhan hiburan rumah masing-masing. 

Itulah beberapa penjelasan dari perbedaan TV Digital dan Smart TV, dua jenis televisi yang banyak beredar di pasaran.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins