Agung Pratnyawan
iPhone SE generasi ketiga. (Digimap)

Tech.hitekno.com - Selamat tinggal pada iPhone SE 4, atau seri iPhone murah terbaru nantinya. Karena Apple dilaporkan membatalkan rencana produksi iPhone SE 4 atau iPhone SE 2024 terbaru.

Seperti biasanya, Apple akan melakukan penyegaran pada seri iPhone murah ini setiap dua tahun sekali. Setelah iPhone SE 2022 kemarin, diperkirakan akan ada iPhone SE 4 pada 2024.

Namun laporan terbaru dari leaker ternama dan spesialis kabar sial produk Apple, Ming-Chi Kuo melaporkan kalau eksperimen iPhone SE telah berakhir

Baca Juga:
Kebalik, Sekarang Giliran Apple yang Bikin Android Flagship Killer, Begini Bocoran iPhone SE 4

Menurut Ming-Chi Kuo , Apple telah menginstruksikan mitra rantai pasokannya bahwa rencana produksi dan pengiriman iPhone SE 2024 telah dibatalkan dan tidak hanya ditunda.

Anehnya, keputusan tersebut memiliki gema yang mencapai chip baseband in-house Apple yang sering dirumorkan.

Chip baseband seharusnya diadopsi oleh iPhone SE berikutnya terlebih dahulu.

Baca Juga:
Render Terbaru iPhone SE 4, Bawa Desain Mirip iPhone XR?

Apple ingin menggunakan perangkat itu sebagai semacam kelinci percobaan, sebagai smartphone termurah yang dijualnya, bukan salah satu model yang lebih menguntungkan.

iPhone SE 2022 vs iPhone SE 2020. (HiTekno.com)

Jika semuanya berjalan dengan baik, maka chip tersebut mungkin akan menemukan jalannya ke seri iPhone 16 pada tahun 2024 nanti.

Namun sekarang, dengan pembatalan iPhone SE 2024, masih ada kekhawatiran tentang apakah kinerja chip baseband Apple sendiri akan setara dengan apa yang dapat dikumpulkan oleh penawaran Qualcomm.

Baca Juga:
Bocoran iPhone SE 4 Terbaru, Bakal Mirip iPhone XR?

Peluang Qualcomm memasok chip baseband untuk generasi iPhone 16 meningkat secara signifikan.

Ini akan bertentangan dengan "konsensus pasar" sejauh ini, yaitu Qualcomm akan mulai kehilangan pesanan iPhone pada 2024.

Dengan perkembangan ini, Qualcomm akan tetap memasok Apple hingga setidaknya 2025, sebagaimana melansir laman GSM Arena, Minggu (8/1/2023).

Qualcomm diperkirakan akan terus mendominasi pasar chip baseband seluler kelas atas global tahun ini dan tahun depan, menghasilkan margin keuntungan yang jauh lebih tinggi daripada (beberapa) pesaingnya.

Itulah laporant erkini soal pembatalan produksi iPhone SE 4 atau iPhone SE 2024 nantinya. (Suara.com/ Dythia Novianty)