Rezza Dwi Rachmanta
Cara pakai eSIM di iPhone. Ilustrasi iPhone XS Max mendukung fitur eSIM. (Apple)

Tech.hitekno.com - Sejumlah produk iPhone terbaru kini sudah mendukung fitur eSIM. Berikut kami akan memberikan penjelasan mengenai cara pakai eSIM di iPhone.

Perlu diketahui, eSIM memungkinkan pengguna dapat memiliki kartu SIM atau SIM card yang terinstal dan tertanam tanpa versi fisiknya.

Apple memperkenalkan dukungan eSIM pada Watch Series 3 di tahun 2017. Model iPhone pertama yang mendukung eSIM adalah iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Baca Juga:
Harga Oppo A56s 5G Dibanderol Rp 2 Jutaan, Bawa Memori 256 GB dan Dimensity 810

Tak ingin ketinggalan, Google mengenalkan Pixel 2 pada Oktober 2017. Perangkat mempunyai dukungan eSIM untuk digunakan dengan layanan Google Fi -nya.

Semenjak itu, banyak smartphone Android dan iOS kelas premium memiliki kemampuan untuk mendukung fitur eSIM. Berikut penjelasan mengenai cara pakai eSIM di iOS:

iPhone 13 dan iPhone 12 mendukung eSIM. (Apple)

 

Baca Juga:
Daftar Harga iPhone Januari 2023 Lengkap Termurah hingga Termahal

  • Pastikan perangkat Anda merupakan iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, atau model lebih baru dengan iOS 12.1 ke atas. Anda juga harus memastikan bahwa iPhone sudah terhubung ke jaringan internet.
  • Klik Setting > pilih Cellular
  • Klik menu Add Cellular
  • Layar iPhone akan menampilkan permintaan untuk QR Code.
  • Setelah scan QR Code dan muncul notifikasi, pilih Add Cellular Plan

Apa itu eSIM?

Ilustrasi Kartu SIM. (Pixabay)

 

Sebelum menjabarkan eSIM, kita perlu mengetahui pengertian kartu SIM terlebih dahulu. Kartu SIM atau Subscriber Identity Module merupakan sirkuit terintegrasi (IC) yang berfungsi untuk menyimpan nomor identitas pelanggan seluler internasional (IMSI) dengan aman.

Baca Juga:
Apple Disinyalir akan Menjual iPhone 15 dengan Harga Lebih Murah

Secara teknis, kartu fisik sebenarnya dikenal sebagai Universal Integrated Circuit Card atau Kartu Sirkuit Terpadu Universal (UICC).

SIM card membantu mengidentifikasi serta mengautentikasi pelanggan di perangkat seluler atau tablet. Sejauh ini, lebih dari 7 miliar perangkat terhubung ke jaringan seluler di seluruh dunia.

Pengguna yang mempunyai kartu SIM dapat terhubung ke jaringan seluler sehingga bisa berkomunikasi serta memanfaatkan paket data internet.

Baca Juga:
2 Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP Baru Android dan iPhone

Dengan eSIM (embedded-SIM) atau SIM digital, kita bisa menggunakan paket data dan jaringan seluler tanpa harus memakai makro, mikro, dan juga nano SIM fisik.

Dua operator seluler di Indonesia yang menyediakan eSIM adalah Smartfren dan Indosat Ooredoo Hutchison. Operator lain seperti XL Axiata dan Telkomsel kabarnya sedang mempersiapkan penerapan teknologi eSIM.

Smartfren adalah operator pertama yang memopulerkan eSIM pertama kali di Indonesia. Pada tingkat global, eSIM mulai dikenal sejak tahun 2016.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara pakai eSIM di iPhone, langkahnya mudah banget bukan?