Agung Pratnyawan
Lenovo Legion Pro 7 Series. (Lenovo)

Tech.hitekno.com - Dalam gelaran CES 2023, Lenovo mengenalkan sederet produk barunya. Termasuk di dalamnya ada laptop gaming baru dengan dukungna teknologi AI.

Lenovo menambahkan teknolog AI yang yang memungkinkan para gamer mendapatkan framerate terbaik untuk memenangkan pertandingan.

Produk terbaru untuk tahun 2023 yang dipamerkan dalam CES 2023 ini adalah Lenovo LA AI chip, chip AI khusus pertama di dunia pada laptop gaming, yang terpasang pada laptop baru Lenovo Legion Pro 7 dan 7i (16", 8) dan Lenovo Legion Pro 5 dan 5i ( 16", 8) laptop. 

Baca Juga:
CES 2023: MediaTek Kenalkan Ekosistem Global Produk WiFi 7

Lenovo AI Engine+ yang ditenagai oleh Lenovo LA AI chip ini mampu menerapkan algoritma software machine learning untuk menyesuaikan performa sistem secara optimal.

Chip tersebut juga menggunakan software machine learning pada Lenovo Vantage, untuk membantu memantau FPS dalam game dan menyesuaikan secara dinamis untuk menghasilkan kinerja tertinggi.

Menawarkan TDP hingga 15% lebih tinggi, kombinasi software machine learning ini memungkinkan laptop seri Legion Pro menghadirkan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca Juga:
CES 2023: Acer Swift Go Debut dengan Intel Core Gen 13 dan RAM 16 GB

Laptop Lenovo Legion Pro 7i, Lenovo Legion Pro 5 dan 5i juga hadir dengan Tobii Horizon, sebuah softwware gearless head-tracking  yang mampu memberi pemain pengalaman imersif saat memainkan game favorit mereka yang juga dibantu dengan Tobii Aware.

Untuk desktop, Lenovo Legion Tower generasi baru memilki puncak performa dan tenaga di kelasnya, dengan hadirnya Lenovo Legion Tower 7i (34L, 8) dan Lenovo Legion Tower 5i (26L, 8) yang diperkuat dengan prosesor desktop hingga Intel Core Generasi ke-13 dan GPU NVIDIA GeForce RTX Seri 40, sementara Legion Tower 5 (26L, 8) terbaru menghadirkan pilihan prosesor hingga AMD Ryzen 9 dan AMD Radeon RX 7000 series atau GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series.

Untuk menyempurnakan portofolionya, monitor Lenovo Legion Y27f-30 FHD 27-inci dan Layar Lenovo Legion Y27qf-30 QHD 27-inci terbaru juga hadir untuk memenuhi kebutuhan para gamer dan content creator.

Baca Juga:
CES 2023: Asus Zenbook Pro 16X OLED Rilis dengan Intel Core i9 Gen 13 dan GeForce RTX 40

Setiap PC Lenovo Legion sudah hadir dengan Windows 11 dan langganan Xbox Game Pass Ultimate, selama 3 bulan, sehingga gamer dapat langsung bermain.

Audio pada rangkaian laptop Legion terbaru ini menggunakan Nahimic dari SteelSeries, memberikan keunggulan ekstra melalui audio 3D imersif yang memungkinkan gamer mendengar rekan satu tim dengan lebih jelas sambil meningkatkan kesadaran spasial yang menjadi kunci untuk unggul game kompetitif.

Pemain yang melakukan streaming akan menyukai kontrol EQ yang dapat diatur dengan mudah, membuat Anda untuk dapat berfokus untuk memenangkan pertandingan.

Aplikasi Lenovo Vantage menawarkan rangkaian fitur di satu pusat, termasuk dasbor performa real-time, pengaturan overclocking, serta pengaturan kipas cerdas dengan mode kipas custom terbaru.

Juga merupakan bagian dari setiap perangkat Lenovo Legion adalah Legion Arena, yang menggabungkan game-game yang dimiliki pengguna dari berbagai platform agar para gamer dapat membuat pusat game mereka di satu tempat sehingga memudahkan untuk menemukan game yang ingin dimainkan dengan cepat.

 Legion Ultimate Support juga tersedia bagi mereka yang menginginkan akses dukungan teknis 24/7 oleh para ahli dengan pengetahuan khusus pada setiap game untuk membantu para gamer mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Lenovo Legion mereka, tersedia dalam bentuk solusi jarak jauh serta layanan onsite pada hari kerja berikutnya.

"Lenovo Legion kini tengah merintis jalan baru menuju puncak performa laptop gaming, dengan memanfaatkan teknologi chip yang ditenagai oleh AI dan machine learning untuk mendorong framerate lebih tinggi lagi, memberikan para gamer keunggulan yang mereka butuhkan untuk menang," tutur Ouyang Jun, Lenovo’s Vice President and General Manager of the Consumer Business Segment, Intelligent Device Group. 

"Perangkat Legion terbaru Lenovo menetapkan standar baru dalam performa yang lebih tinggi dan juga cerdas untuk gaming" lanjutnya.

Gaya Stylish dengan Teknologi Pengaturan AI Cerdas: Lenovo Legion Pro 7i dan Lenovo Legion Pro 7

Lenovo Legion Pro 7i. (Lenovo)

Laptop Lenovo Legion Pro 7i dan Lenovo Legion Pro 7 16-inci - laptop gaming terkuat di dunia1 dengan pengaturan AI - memberdayakan para gamer yang ingin unggul untuk mencapai performa tertinggi.

Perangkat laptop gaming ini dilengkapi dengan pilihan prosesor Intel Core Generasi ke-13 terbaru atau AMD Ryzen 7000 Series, dan pilihan GPU laptop hingga NVIDIA GeForce RTX 40 Series.

Konfigurasi internal tingkat tinggi ini dapat memberikan performa tinggi yang lebih lama berkat adanya teknologi ColdFront 5.0 dengan Hybrid Thermals dari Lenovo Legion, dengan ruang Vapor Chamber yang lebih luas, mencakup CPU dan GPU  pada konfigurasi Laptop  dengan NVIDIA GeForce RTX 4090 dan RTX 4080, dan vapor chamber CPU khusus dengan heat pipe hybrid untuk konfigurasi GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4070.

CPU akan tetap dingin dengan liquid metal infusion, yang memastikan tidak adanya throttiling, sementara udara panas dikeluarkan melalui ventilasi pembuangan udara yang besar di bagian belakang dan samping sasis dengan total TDP 235W.

Lenovo LA AI chip pada Lenovo AI Engine+ mendorong performa menjadi lebih tinggi, memaksimalkan FPS untuk pengalaman gaming yang luar biasa.

Semua keunggulan pada grafis ditampilkan dengan detil pada layar PureSight Gaming Display dengan layar 16:10 WQXGA 2560x1600 Lenovo yang cepat dan tajam, mendukung variable refresh rate hingga 240Hz.

Maksimalkan pengalaman gaming Anda dengan TrueStrike keyboard Lenovo Legion, dengan pencahayaan RGB Lenovo Legion Spectrum yang dapat diatur pada setiap tombol.

Bagi mereka bepergian, pilihan baterai Super Rapid Charge hingga 99,99Whr, kapasitas terbesar yang diizinkan untuk dibawa didalam pesawat, dan juga quick charging6 untuk pengisian daya cepat saat bermain di perjalanan. Semuanya ditutup dengan sasis all-metal yang tersedia dalam pilihan warna Onyx Grey.

Siap untuk Bekerja dan Bermain: Lenovo Legion Pro 5i dan Lenovo Legion Pro 5

Hanya perlu satu PC yang dapat memenuhi pekerjaan dan bermain sepanjang hari, Lenovo Legion Pro 5i dan Lenovo Legion Pro 5 16 inci adalah jawabannya. dengan desain nya yang stylish dan penuh tenaga, tersedia dengan pilihan prosesor hingga Intel Core Generasi ke-13 atau AMD Ryzen 7000 Series dan GPU Laptop hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 yang memastikan untuk terus bersaing di tingkat tertinggi.

Pastikan internal untuk tetap dingin dengan ColdFront 5.0 dari Lenovo, yang menggunakan sistem pemasukan dan pembuangan udara yang besar, sistem kipas ganda, phase-change thermal compound, dan heat pipe hybrid untuk mengeluarkan lebih banyak udara panas melalui ventilasi pembuangan udara yang sangat efisien, menjaga sesi permainan tetap sunyi dan dingin. 

Lenovo LA AI chip memantau beban CPU dan GPU untuk menyesuaikan secara dinamis dan menghasilkan performa yang lebih optimal.

chip Lenovo LA1 dapat diatur melalui Lenovo Vantage, memberikan kontrol penuh atas kipas, overclocking, dan fitur lain yang diperlukan untuk memanfaatkan total TGP 200W sepenuhnya untuk mengalahkan kompetisi.

Hasil gambar yang epik dari Lenovo Legion Pro 5i dan Lenovo Legion Pro 5 ditampilkan pada Lenovo PureSight Gaming Display 16-inci pada 16:10 WQXGA dengan variable refresh rate hingga 240Hz, sementara Lenovo Legion Spectrum 4-zone RGB TrueStrike keyboard memberikan pengalaman yang lebih imersif.

Untuk tampilan yang lebih minimalis, TrueStrike keyboard juga tersedia dalam pilihan backlight warna putih. Lenovo Legion Pro 5 memiliki baterai Super Rapid Charge Pro 80Whr untuk beraktivitas di ruang kelas atau saat bepergian. dengan bagian atas berbahan logam dan bagian bawah berbahan polimer, rangkaian laptop ini tersedia dengan pilihan warna Onyx Grey atau Abyss Blue.

Nikmati Kekuatan Luar Biasa dari Lenovo Legion Tower 7i dan Menangkan Segala Pertandingan

Lenovo Legion Tower 7i. (Lenovo)

Dirancang untuk performa dan tenaga yang ekstrem, Lenovo Legion Tower 7i 34L generasi terbaru mendominasi gaming dengan prosesor hingga Intel Core Generasi ke-13, memberikan performa mesin yang luar biasa dengan kekuatan untuk melakukan semuanya.

Membawa kualitas grafis yang luar biasa dengan opsi GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang menghadirkan framerate, latensi rendah, dan ray tracing terbaik yang memungkinkan gamer dan content creator untuk merasakan bermain game, streaming, dan berkreasi yang revolusioner.

Dengan konfigurasi memori hingga 64GB RAM DDR5 5600Mhz untuk mengungguli persaingan, performa game menjadi lebih responsif bahkan saat memiliki beban multitasking yang tinggi.

Tenaga prosesor didorong secara ekstrem, berkat VRM heatsink yang lebih besar, opsi hingga enam kipas ARGB yang kuat namun sunyi, bezel bagian depan dengan pola 3D untuk peningkatan aliran udara, ditambah dengan opsi liquid cooling system yang menambahkan kemampuan pendingin hingga 260WTDP. 

Nikmati tampilan yang menarik dengan Lenovo Legion 12-ARGB lighting effect – konfigurasi hingga 6TB (3x 2TB SSD) yang dapat menyimpan lebih dari 1000 game AAA secara lokal, ditambah dengan PSU 1200W.

Lenovo Legion Tower 7i tersedia dalam Storm Grey7, dan port 2x USB-A 3.2, 2x port USB-A 2.0, dan 2x jack Audio di bagian depan untuk akses yang mudah. Di bagian belakang terdapat 4x port USB-A 3.2, 2x port USB-A 2.0, 1 port USB-C (20Gbps) dan 1 port USB-A 3.2 (10Gbps), serta RJ45 dan audio stereo jack.

Diciptakan untuk Game di Masa Depan: Lenovo Legion Tower 5i dan Lenovo Legion Tower 5

PC desktop Legion Tower 5 PC dan Lenovo Legion Tower 5i 26L diciptakan untuk game apapun. Pilih prosesor yang akan memberikan tenaga yang anda butuhkan dengan pilihan hingga Intel Core Generasi ke-13 yang digabungkan dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Serie, atau Lenovo Legion Tower 5 yang menggunakan AMD Ryzen 7000 series dan dipasangkan dengan NVIDIA GeForce RTX 40 Series atau AMD Radeon RX 7000 series, dan konfigurasi memori hingga 32GB RAM DDR5 5600Mhz, dan penyimpanan SSD hingga 2x 1TB semuanya dihidupkan melalui PSU modular 850W 90%. 

Apa pun game-nya, Lenovo Legion Tower 5i dan Lenovo Legion Tower 5 yang baru dapat menangani segalanya mulai dari game AAA hingga esports, dengan mesin yang tetap senyap dan tidak bising berkat lima kipas sunyi yang dilengkapi pencahayaan ARGB yang mendorong lebih udara panas keluar lebih cepat melalui bezel bagian depan. 

Lenovo Legion Tower 5i dan Lenovo Legion Tower 5 tersedia dalam warna Storm Grey7 dengan dua port USB-A 3.2 (5Gbps) akses mudah dan satu colokan audio combo di bagian depan.

Visual Generasi Berikutnya untuk Bekerja dan Bermain

Lenovo Legion Y27qf-30. (Lenovo)

Untuk gamer yang mencari resolusi, refresh rate, dan response time yang lebih cepat untuk esports, monitor Lenovo Legion Y27qf-30 dan Lenovo Legion Y27f-30 adalah pilihan yang tepat. Kedua model telah tersertifikasi Eyesafe Certified 2.0 Natural Low Blue Light untuk membantu mengurangi kelelahan dan menjaga kesehatan mata.

Layar QHD 2560x1440 pada monitor Lenovo Legion Y27qf-30 memiliki response time 0,5ms, dan refresh rate 240Hz yang dapat di-overclock hingga 250Hz. Dukungan AMD FreeSync Premium dan Adaptive Sync memberikan pengalaman bermain game yang bebas dari screen tearing. 

Panel IPS Lenovo Legion Y27qf-30 memiliki 125% sRGB, gamut warna DCI-P3 95%, dukungan warna 1,07b, kedalaman warna 10bit, akurasi warna Delta E 2, dan brightness HDR 400 bersertifikasi VESA menghasilkan warna yang nyata dan kecerahan luar biasa dan kontras. Speaker 2x 3W menambah suasana bermain game yang sedang dijelajahi menjadi lebih nyata.

Monitor Lenovo Legion Y27f-30 FHD 1920x1080 27-inci juga menghadirkan performa gaming yang mulus dengan harga terjangkau, dengan refresh rate 240Hz yang dapat di-overclock hingga 280Hz, dukungan AMD FreeSync Premium dan Adaptive Sync. Panel IPS 113% sRGB, gamut warna DCI-P3 90,7%, akurasi warna Delta E 2, dan brightness HDR 400 bersertifikasi VESA menghadirkan warna yang jelas dan kontras yang menghidupkan game.