Rezza Dwi Rachmanta
Video pembongkaran PS5. (YouTube/ PlayStation)

Tech.hitekno.com - Pemilik PlayStation 5 (PS5) harus berhati-hati dalam merawat konsol kesayangannya. Laporan terbaru mengungkap bahwa meletakkan PS5 secara vertikal bisa mengakibatkan kerusakan serius.

Selain menimbulkan suara bising, peletakkan PS5 secara vertikal bisa merusak beberapa kompenen.

Logam cair rentan bocor dari penutup dan membuat komponen mengalami korsleting.

Baca Juga:
Valve Hadirkan Docking Station Steam Deck, Konsol Bisa Dibeli Langsung

Sony pertama kali meluncurkan PS5 pada 2020 lalu. Saat itu perusahaan juga memberikan stand yang difungsikan sebagai dudukan PS5.

Nah, stand itu bisa ditempelkan di bawah atau samping konsol. Sehingga pengguna bisa meletakkan PS5 miliknya dengan posisi vertikal (berdiri) atau horizontal (tiduran).

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Tapi kenyataannya seorang YouTuber bernama TheCod3r menyimpulkan kalau PS5 yang diletakkan secara berdiri bisa merusak konsol, seperti dikutip dari Gizchina, Senin (9/1/2023).

Baca Juga:
Jarang yang Tahu, Ini Konsol Game yang Paling Laris di Jepang

Lewat video yang diunggah September lalu, dia mendapatkan sebuah PS5 dalam kondisi rusak. Dia berusaha memperbaiki dan menemukan masalahnya dengan membongkar, melepas motherboard, hingga memeriksa setiap komponen.

Secara fisik dia menemukan kalau semuanya baik-baik saja. Tetapi berbeda ketika dia membuka APU (accelerated processing unit), di sanalah dia menemukan kalau logam cair telah bocor dari penutup dan membuat korsleting di bagian bawah.

Pasalnya, ketika PS5 diletakkan secara horizontal, cairan logam akan tetap dalam posisinya dan mempertahankan sifat termal. Tapi jika didirikan secara vertikal, cairan itu bisa turun dan merusak komponen lain.

Baca Juga:
Amiga 500 Mini, Konsol Game Jadul Bikin Nostalgia

Menurut TheCod3r, menjaga konsol dalam posisi tegak itu juga dapat menimbulkan suara bising berlebihan dari putaran cooler yang intens. Selain itu konsol juga menjadi lebih panas dan boros.

Sayang Sony belum memberikan pernyataan terkait faktor rusaknya PS5 akibat posisi berdiri ini. Namun pada Oktober 2020, mereka sempat mengatakan kalau posisi tegak lurus PS5 tidak akan berdampak apapun.

Namun untuk para pengguna PS5 disarankan untuk tetap meletakkannya dalam posisi tidur atau horizontal untuk mencegah kerusakan seperti ini terjadi. (Suara.com/ Dicky Prastya)