Agung Pratnyawan
iPhone 14 Pro. (Apple)

Tech.hitekno.com - Youtuber MKBHD belum lama ini mengungkap temuannya akan kekurangan kamera iPhone 14 Pro yang tidak disangka-sangka, yakni gegara fitur Smart HDR.

Fitur Smart HDR sebagai kekurangan karmera iPhone 14 Pro ini diungkapan MKBHD dalam ajang Smartphone Awards 2022 yang digelarnya.

Ia mendapati kalau ada beberapa kekurangan dari hasil kualitas foto pada smartphone garapan Apple tersebut.

Baca Juga:
Cara Membuat Boomerang Pakai Kamera iPhone, Langsung Tanpa Perlu Log In Instagram

Meski medapatkan masuk dalam katergori smartphone dengan kamera terbaik, HDR jadi kelemahan utama kamera iPhone 14 Pro tersebut.

Dalam tes kamera, sebagaimana dilansir dari Gizchina, Google Pixel 6a secara mengejutkan menempati posisi pertama. Sementara Google Pixel 7 Pro berada di urutan kedua.

Untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi, menurut MKBHD, penting untuk memiliki sensor yang dapat menangkap banyak cahaya dan detail objek.

Baca Juga:
Banjir Keluhan, Apple Segera Perbaiki Guncangan Kamera iPhone 14 Series

Alhasil produsen smartphone berusaha mengatasinya dengan berbagai teknik post-processing (pemrosesan perangkat lunak) untuk meningkatkan kualitas gambar.

Pada iPhone, fitur Smart HDR menggabungkan beberapa gambar yang diambil dalam kondisi berbeda menjadi satu. Ini memungkinkan smartphone untuk memilih elemen terbaik dari setiap gambar untuk membuat foto yang superior.

Sayangnya, pemrosesan perangkat lunak yang berlebihan dapat menghasilkan gambar yang tampak tidak wajar. Hal ini menjadi masalah pada kamera iPhone 14 Pro.

Baca Juga:
Sepanjang 2021, Kamera iPhone Telah Menghasilkan Lebih dari 3 Triliun Foto

MKBHD mencatat, sebagian besar smartphone bekerja dengan baik dalam kondisi pencahayaan normal seperti kondisi cahaya cukup atau saat subjek memiliki latar belakang polos.

Dalam video yang ditampilkan, MKBHD memperlihatkan bila Apple tidak membekali iPhone 14 Pro dengan pemrosesan perangkat lunak yang lebih baik dari Google.

Berbeda dengan HP Android Google Pixel 6a dan Google Pixel 7 yang memiliki pemrosesan perangkat lunak mumpuni, terlebih dalam urusan HDR.

Baca Juga:
Penjelasan Fitur Kamera iPhone 14, Apa Saja yang Baru?

Tangkapan kamera IPhone 14 Pro secara konsisten berupaya mencerahkan bayangan. Namun tangkapan justru menghasilkan tampilan yang tampak artifisial.

Karena Apple tidak membekali pemrosesan perangkat lunak sebaik Google, fitur Smart HDR malah menjadi kekurangan kamera iPhone 14 Pro, (Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan)