Rezza Dwi Rachmanta
Samsung Galaxy S20. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Samsung telah menggulirkan update One UI 5.0 berbasis Android 13 ke sebagian HP mid-range dan flagship. Kabar terbaru mengungkap bahwa Samsung Galaxy S20 series segera mendapat versi antarmuka yang ditingkatkan, One UI 5.1.

Laporan dari Sam Mobile, perusahaan asal Korea Selatan ini sedang memulai pengujian internal untuk Samsung Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra.

Smartphone tersebut nampak menggunakan perangkat lunak dengan firmware versi G980FXXUFHWA1. Kode H pada urutan kesepuluh dalam firmware menunjukkan bahwa software adalah yang utama.

Baca Juga:
Kapan Samsung Galaxy S23 Dirilis? Ini Jawabannya

Sebagai referensi, Galaxy S20 series yang menjalankan One UI 5.0 memiliki versi firmware G980FXXUFGWA5, dengan huruf G di posisi yang sama.

Informasi tersebut memunculkan asumsi bahwa Samsung akan segera menggulirkan update One UI 5.1 anyar untuk Galaxy S20 series.

Samsung One UI 5. (Samsung)

Versi baru One UI ini membawa beberapa fitur dan peningkatan anyar. Antarmuka mengusung beberapa lockscreen tambahan serta fitur kustomisasi lain.

Baca Juga:
Samsung Kenalkan Layar OLED 2000 Nits untuk Smartphone, Tawarkan Kecerahan Tinggi

Perusahaan dispekulasikan memperkenalkan Samsung Galaxy S23 series bersama dengan One UI 5.1 pada Februari 2023 mendatang.

Penjelasan lebih detail mengenai One UI 5.1 dapat hadir di kuartal pertama tahun ini.

Pada update sebelumnya, perusahaan mengungkap bahwa One UI 5.0 dapat menawarkan fitur baru yang membantu Anda menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih efisien.

Baca Juga:
12 Langkah untuk Menghapus Bloatware di HP Samsung

Samsung Galaxy S20 Plus. (Samsung)

Widget di One UI 5 hadir dengan opsi anyar yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home screen tetap rapi dengan stack widget terbaru.

Fitur ini memungkinkan Anda melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan lebih efisien.

One UI 5.0 juga dilengkapi dengan smart suggestion untuk widget. Smart suggestions secara otomatis menyarankan aplikasi dan tindakan yang membuat pengalaman seluler menjadi lebih personal.

Jika pengujian internal berjalan lancar, update One UI 5.1 versi stabil kemungkinan bisa datang dalam waktu dekat.