Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi smartphone. (unsplash/Kamil Feczko)

Tech.hitekno.com - Bootloop bisa menjadi momok menjengkelkan bagi para pemilik ponsel. Hal ini bisa dipicu beberapa faktor.

Salah satunya adalah otak-atik OS yang tidak pas sehingga sistem tidak mau berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu hal ini bisa juga dipicu karena kegagalan proses update OS pada ponsel, atau kerusakan komponen.

Baca Juga:
Daftar 20 iPhone yang Mendukung Fitur eSIM, Ini Detailnya

Jika ponsel Anda mengalami bootloop, yaitu saat sistem operasi tidak dapat memulai atau menyelesaikan proses booting, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini:

  1. Matikan ponsel dan cobalah menghidupkannya kembali. Jika Anda dapat masuk ke menu recovery atau safe mode, Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan memperbarui atau mengistal ulang sistem operasi.
  2. Coba masuk ke menu recovery. Beberapa ponsel memiliki tombol kombinasi yang harus ditekan saat ponsel dinyalakan untuk masuk ke menu recovery. Cari di internet untuk informasi tentang tombol kombinasi yang harus ditekan untuk ponsel Anda.
  3. Jika Anda tidak dapat masuk ke menu recovery, cobalah untuk melakukan factory reset melalui menu pengaturan atau dengan tombol kombinasi saat ponsel dinyalakan. Pastikan Anda telah mem-backup data penting sebelum melakukan ini.
  4. Jika ponsel Anda masih mengalami bootloop setelah melakukan tindakan-tindakan di atas, ada kemungkinan hardware-nya yang rusak.
  5. Ada baiknya anda membawa ke tempat service atau perbaikan ponsel untuk memastikan masalah dan mencari solusi.
  6. Note: tindakan seperti factory reset akan menghapus semua data yang ada dalam ponsel, sehingga pastikan anda melakukan backup sebelum melakukan tindakan ini.