Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi belajar. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Tech.hitekno.com - Apa uang menjadi sumber kekhawatiran dalam hidup kamu? Menurut Kajian Capital One Mind Over Money tahun 2020 menunjukkan bahwa sebagian besar responden bahkan 77% merasa cemas tentang keuangan mereka dikutip tim HiTekno.com daru Capitalone, Kamis (12/01/2023).

Penganggaran, investasi, tabungan, dan bahkan pengeluaran adalah bagian dari pengelolaan uang. Untuk mengurangi masalah kecemasan kamu akan tujuan keuangan, kamu bisa mencari cara untuk mengelola uang. Ada beberapa YouTuber yang sering memberikan tips dan berbagi pengalaman seputar masalah keuangan.

Dari sini kamu bisa belajar merencanakan keuangan dan mendapatkan inspirasi untuk bisa mengatur finansial. Bagi kamu yang sedang mengejar kebebasan finansial, kamu bisa menonton konten beberapa YouTube dibawah ini. Berikut YouTuber yang bisa ngajarin cara cari uang yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga:
6 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik 2023, Job Seeker Wajib Coba

1. Graham Stephan: 4,19+ Juta Pelanggan

Graham Stephan adalah seorang agen dan investor real estate berusia 28 tahun yang telah menjual real estat lebih dari $120.000.000 sejak 2008. Channelnya berfokus pada membangun kekayaan melalui investasi, dan real estat, serta wawasan tentang membangun kekayaan di usia muda. Kamu bisa nonton di sini.

2. The Financial Diet: 998.000+ Pelanggan

Baca Juga:
6 Aplikasi Buat Jual Foto Biar Bisa Panen Cuan di Tahun 2023

Di bagian "Tentang" mereka di YouTube, dikatakan, " The Financial Diet berbicara tentang keuangan pribadi dengan cara yang tidak membuat kamu ingin menangis." Dan itulah yang terjadi di channel ini. Video mereka berkualitas tinggi dan pembawa acara di The Financial Diet benar-benar membuat kamu merasa terlibat saat membicarakan keuangan pribadi. Kamu bisa nonton di sini.

3. Nate O'Brien: 1,29+ Juta Pelanggan

Ingin menjadi finansial minimalis sambil tetap hidup kaya? Di saluran Nate O'Brien, kamu dapat mempelajari caranya. Salah satu video viralnya adalah dia berbicara tentang bagaimana dia pindah ke Philadelphia dan menjual segalanya untuk menjalani hidup yang disederhanakan. Kamu bisa nonton di sini.

Baca Juga:
6 Hal yang Wajib Dikuasai Pejuang Skripsi dengan Microsoft Word

4. Wealth Hacker - Jeff Rose: 380.000+ Pelanggan

Seperti yang disarankan oleh nama salurannya, Jeff berfokus untuk mengajari orang cara menumbuhkan uang yang sudah mereka miliki dan menciptakan kekayaan. YouTube Wealth Hacker - Jeff Rose sangat bagus untuk belajar tentang investasi dan pasar saham. Kamu bisa nonton di sini.

5. One Big Happy Life: 218.000+ Pelanggan

One Big Happy Life adalah saluran keluarga dengan penekanan pada membangun kekayaan. Sementara banyak saluran dalam daftar ini berfokus pada hidup hemat untuk mencapai kemandirian finansial, One Big Happy Life melakukan pendekatan yang berbeda.

Beberapa video paling populer di One Big Happy Life adalah video di mana pasangan, Tasha dan Joseph, berbagi kekayaan bersih dan perjalanan menuju kemandirian finansial setiap bulan. Kamu bisa nonton di sini.

6. Our Rich Journey: 631.000+ Pelanggan

Our Rich Journey dipandu oleh Christina dan Amon, mendokumentasikan perjalanan mereka menuju kemandirian finansial dan pensiun masing-masing pada usia 41 dan 39 tahun. Mereka adalah anggota aktif komunitas FIRE (kemerdekaan finansial pensiun dini) dan mampu membangun komunitas YouTube mereka dari nol menjadi 179.000 pelanggan dalam waktu kurang dari dua tahun.

Jika kamu tertarik mempelajari cara menjadi mandiri secara finansial dan pensiun dini, ini adalah saluran yang bagus untuk diikuti. Kamu bisa nonton di sini.

7. Let’s Talk Money! with Joseph Hogue, CFA: 584.000+ Pelanggan

Joseph Hogue berbicara tentang menghasilkan uang secara online, melunasi hutang, dan membangun kekayaan melalui investasi. Kamu bisa nonton di sini.

Itulah YouTuber yang bisa ngajarin cara cari uang yang mungkin bisa kamu ikut. Sekarang kamu bisa mulai mencoba belajar dan mengatur keuangan kamu agar bisa memiliki kebebasan finansial. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins