Agung Pratnyawan
MacBook Pro M1. (Apple)

Tech.hitekno.com - Apple dilaporkan sedang menembangkan perangkat Mac atau MacBook dengan layar sentuh atau touchscreen. Apakah jadi mirip iPad diberi Keyboard?

Selama ini Apple selalu menentang ide touchscreen pada perangkat MacBook mereka. Namun tidak dengan beberapa bocoran yang sudah mulai bermunculan.

Berdasarkan laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple diduga akan meluncurkan MacBook Pro menggunakan layar sentuh pada 2025 mendatang.

Baca Juga:
6 Perbedaan Macbook vs Laptop, Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

MacBook touchscreen ini akan menggunakan panel OLED bukan Mini LED yang ada di MacBook Pro 14 inchi dan MacBook Pro 16 inch saat ini.

Menurut laporan tersebut, MacBook Touchscreen ini masih dalam tahap pengembangan awal. Namun para engineer Apple sedang aktif mengerjakannya.

Dilaporkan juga kalau Apple belum memiliki rencana final untuk Mac layar sentuh mereka ini. Karenanya bisa saja berubah di suatu waktu.

Baca Juga:
Bukan China, Apple Akan Pindahkan Produksi MacBook ke Vietnam

Tidak jarang Apple membatalkan proyeknya meski sudah sampai ke tahap prototipe. Mereka baru mengungkap jika benar-benar sudah siap.

Bocoran ini juga menyebutkan kalau MacBook Pro dengan layar sentuh ini akan hadir dalam berbagai pembaruan lainnya.

Meski begitu Apple disebut-sebut tetap mengusung form factor sama. Yakni MacBook dengan layar sentuh yang berbentuk laptop tradisional.

Baca Juga:
Masuk Indonesia 12 September 2022, Cek Harga MacBook Air M2 Terbaru

Nantinya Apple tetap memberikan sistem operasi MacOS pada MacBook touchscreen. Perusahaan ini tidak berencana menyatukan MacOS dengan iPadOS.

Sebelumnya Apple pernah menyematkan Touch Bar ke MacBook Pro pada 2016 silam. Yakni sebuah layar sentuh mini melintang di atas keyboard.

Fungsi utamanya bukan sebagai layar, melainkan tombo sortcut untuk mengakses fitur-fitur secara cepat.

Baca Juga:
Tutorial Cara Cek Spesifikasi MacBook Terbaru Secara Detail

Pengguna dan pengembang software juga punya kebebasan untuk mengatur dan memanfaatkan Touch Bar di MacBook mereka.

Kita nantika saja seperti apa jika Apple menyematkan layar sentuh ke MacBook Pro di masa depan.