Cesar Uji Tawakal
ColorOS 13 milik Oppo. (Oppo)

Tech.hitekno.com - Cara update OS HP Oppo bisa membantu kinerja smartphone kamu lebih maksimal. Sebagian besar HP Oppo akan diperbarui ke ColorOS 13 mulai Desember 2023. Ini termasuk HP yang akan mendapatkan versi stabil serta HP yang firmware-nya masih perlu sedikit perbaikan (yang akan mendapatkan versi beta).

Update OS sangat penting untuk memastikan keamanan data dan menjaga efisiensi smartphone. Pembaruan perangkat lunak ini memperbaiki bug perangkat lunak, memperbaiki semua kelemahan keamanan, membantu meningkatkan pengalaman pengguna, dan juga memberi kami fitur lanjutan.

Selalu update HP OPPO saat tersedia pembaruan perangkat lunak terbaru untuk meningkatkan stabilitas sistem perangkat. Berikut cara update OS HP Oppo yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga:
14 HP dan Tablet Nokia yang Kebagian Android 13, Varian Apa Saja?

Cara Update OS HP Oppo

Untuk memeriksa apakah pembaruan sistem tersedia untuk perangkat, masuk ke [Pengaturan] > [Pembaruan Perangkat Lunak].

Setelah HP Oppo dapat diperbarui ke versi terbaru, pilih model smartphone OPPO pada daftar yang dikategorikan menurut serinya. Itu juga akan memberikan pembaruan informasi firmware seperti nomor versi, ukuran, tanggal pembaruan, waktu pengunduhan, beberapa catatan tentang pembaruan apa, dan daftar versi sebelumnya.

Baca Juga:
10 Langkah Mudah untuk Update OS HP Xiaomi, Dijamin Aman

Kelebihan dan Kekurangan Update OS HP Oppo

ColorOS 12.1. (Oppo Indonesia)

Saat kamu melakukan update OS, kamu akan mendapatkan berbagai pembaharuan. Entah itu tampilan atau layanan yang diberikan lebih baru. Setelah selesai melakukan update OS ke versi terbaru yang paling terasa adalah tampilan smartphone menjadi lebih halus dengan efek animasi tertentu. Selain itu, pengaksesan layanan menjadi lebih cepat dari biasanya.

Dari segi kekurangan ketika sudah melakukan upgrade OS Android ke versi terbaru, ada beberapa layanan yang perlu di otomatisasi kembali. Contohnya, adalah izin penggunaan kamera Oppo, pesan, serta beberapa layanan tertentu.

Baca Juga:
46 Tablet dan HP Xiaomi yang Dijatah Update MIUI 14, Adakah Ponselmu?

Oppo akan memperluas dukungan perangkat lunak untuk flagships tertentu mulai tahun 2023. Rencananya adalah menawarkan 4 pembaruan OS dan 5 tahun tambalan keamanan untuk model premium tertentu. ColorOS 13 telah diluncurkan ke 33 model Oppo secara internasional, lebih banyak dari versi sebelumnya (50% lebih banyak dari ColorOS 12).

Ini memungkinkannya menjangkau pengguna tiga kali lebih banyak daripada ColorOS 12 selama empat bulan pertama setelah peluncuran. Itulah cara update OS HP Oppo yang bisa kamu coba. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins