Cesar Uji Tawakal
Samsung Galaxy S20 FE. (Lazada)

Tech.hitekno.com - Cara screenshot dan rekam layar HP Samsung sangat berguna. Sekarang ini banyak orang memanfaatkan fitur screenshot dan rekam layar. Baik itu untuk mengabadikan postingan media sosial, layar kemenangan dalam game, atau meme lucu, dan lain-lain.

Untungnya, HP dan tablet Samsung Galaxy menawarkan berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar menggunakan layar sentuh, tombol samping, dan bahkan dengan S Pen. Screenshot dan rekam layar adalah cara yang bagus untuk menyimpan dengan cepat semua hal penting yang muncul di layar.

Dengan fitur Perekam layar di One UI 2 atau lebih baru, kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan.

Baca Juga:
12 Aplikasi Baca Komik di Android, Wibu Wajib Tahu

Catatan: Tidak semua layar atau aplikasi mengizinkan perekaman atau tangkapan layar. Perekam layar tersedia pada model Tab S6, Tab S7, Tab S8, Tab A8, Galaxy S10, S20, S21, Note 10, Note 20, Z Fold, dan Z Flip. Galaxy A53 5G, A52 5G, dan A32 5G juga mendukung perekam layar.

Berikut cara screenshot dan rekam layar HP Samsung yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Tombol Daya dan Volume Turun

Baca Juga:
Dibeli Elon Musk, Twitter Dituding Jadi Alat Propaganda China?

• Siapkan layar dengan konten yang ingin kamu screenshot.
• Tekan tombol Volume Turun dan Daya secara bersamaan, dan tahan sebentar hingga tangkapan layar diambil. Kamu akan melihat layar berkedip dan menyusut sedikit.
• Strip alat tangkapan layar akan muncul di bagian bawah layar selama beberapa detik. Kamu dapat menggunakan alat di sini untuk mengedit gambar, tetapi jika kamu menunggu beberapa saat, tangkapan layar akan meluncur keluar layar dan disimpan ke Galeri.

2. Gesek Telapak Tangan

HP Samsung Galaxy terkenal dengan layarnya yang sedikit melengkung. Layar khusus ini memungkinkan kamu melakukan tindakan umum hanya dengan gerakan tangan, misalnya mengambil screenshot dengan Palm Swipe. Fitur ini harus diaktifkan secara default.

Baca Juga:
Turun Sejutaan Bikin Ngiler, Segini Harga POCO F4 GT

• Buka aplikasi Pengaturan.
• Ketuk Fitur lanjutan.
• Pilih Gerakan dan gestur.
• Pastikan Sapuan telapak tangan untuk menangkap diaktifkan.

Setelah diaktifkan, kamu dapat mengambil tangkapan layar dengan sisi telapak tangan.

• Siapkan layar dengan konten yang ingin kamu screenshot.
• Tempatkan tepi telapak tangan kamu di tepi layar perangkat, sehingga kelingking kamu mengarah ke sisi panjang HP.
• Dengan satu gerakan halus, geser telapak tangan kamu di atas HP. Kamu dapat melakukan ini ke salah satu arah, kanan ke kiri atau kiri ke kanan.
• Kamu akan melihat layar berkedip dan menyusut, menandakan tangkapan layar berhasil diambil.

3. Menggunakan Perekam Layar HP Samsung

Perekam layar adalah fitur baru yang memungkinkan kamu membuat video perekaman layar dengan mudah tanpa harus mengunduh aplikasi eksternal apa pun. Kamu dapat memulai perekaman layar dengan mengetuk ikon di panel Cepat. Setelah hitungan mundur 3 detik, rekaman kamu akan dimulai.

Itulah cara screenshot dan rekam layar HP Samsung yang bisa kamu coba. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins