Cesar Uji Tawakal
Nusantara Project. (Nusantara ROM)

Tech.hitekno.com - Nusantara Project masing terdengar asing untuk sebagian orang. Nusantara Project merupakan proyek kustomisasi smartphone di sistem operasi Android atau lebih dikenal dengan AOSP. Nama Nusantara terinspirasi dari istilah-istilah yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Proyek yang dipimpin oleh Fikry (GitHub @Genkzsz11) dan komunitas Android yang antusias ini menghasilkan sebuah bentuk ekspresi berupa sistem operasi Android khusus yang menghilangkan sampah bloatware, gratis dan menghargai privasi.

Meski tergolong baru, ROM yang dimiliki Nusantara terbilang cukup stabil dan minim bug. OS Android racikan ini juga telah tersedia untuk beberapa smartphone khususnya Xiaomi. Penasaran dengan Nusantara Project? Berikut fakta Nusantara Project yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga:
Daftar Harga Paket Internet Iconnet PLN dan Cara Berlangganannya, Promo Gratis Pasang

Fakta Nusantara Project

1. Nusantara Project menawarkan pengalaman baru pada smartphone. Beberapa fitur yang diberikan adalah bebas bloatware, menyediakan fitur tambahan yang dapat bermanfaat, kebebasan untuk menyesuaikan tema dan tweak tambahan, dan keamanan privasi.
2. Antutu Benchmark score mencapai 179 Ribu, dan untuk test throttling lumayan bagus, hampir tidak ada throttling.
3. Nusantara Project menyediakan Custom ROM Android 10 Q, 11 R, dan 12 S terbaik dan terbaru untuk Xiaomi, Asus, Realme, Oneplus, dan perangkat lainnya.
4. Ada dua ROM kustom lain yang disebutkan saat ini: Pixel Experience (resmi) dan Arrow OS (tidak resmi).
5. Menurut situs resminya, Proyek Nusantara didasarkan pada Proyek Sumber Terbuka Android yang terkenal dan hadir tanpa bloatware yang mengganggu, selalu menggunakan tambalan keamanan terbaru dari Google, kinerja terbaik, serta antarmuka yang fleksibel dan mudah disesuaikan.
6. Proyek Nusantara mendukung 34 perangkat, diikuti oleh lebih dari 22.000 pelanggan, dan telah diunduh oleh lebih dari Sejauh ini 200.000 kali (oleh pengguna dari semua 34 perangkat yang didukung).

Fitur-fitur Nusantara Project

Baca Juga:
Daftar Harga Paket IndiHome Terbaru Januari 2023

• Lightweight: Menggunakan AOSP, tidak ada bloatware yang mengganggu.
• Customization: Nikmati pengalaman khusus dengan fitur yang telah disediakan.
• Variant: Bisa memilih apakah ingin menggunakan versi yang sudah include Gapps atau versi tanpa Gapps (Vanilla + Micro G)
• Secure & Stable: Selalu menggunakan patch keamanan terbaru dari Google, dan jika kamu menemukan bug silakan laporkan kepada pihak pengembang.

Itulah fakta Nusantara Project, OS Android racikan karya anak bangsa yang bisa menambah informasi kamu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga:
3 Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp pada 1 Ponsel

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins