Cesar Uji Tawakal
Nokia 9 PureView. (HMD Global)

Tech.hitekno.com - Jika Anda lama menanti kehadiran ponsel flagship buatan Nokia, tentu Anda terpaksa harus merelakan harapan.

Walau bukan kabar baru, namun terkadang masiih ada yang belum tahu bahwa produsen ponsel legendaris ini telah berpaling dari segmen tersebut.

Android Central pernah melaporkan rincian mengapa HMD Global bakal absen untuk segmen premium.

Baca Juga:
Black Shark Lakukan PHK Massal, Sampai Tak Bisa Bayar Pesangon

Adam Ferguson, kepala pemasaran produk di HMD Global, mengatakan, "Membuat ponsel seharga $800 tidak masuk akal bagi kami saat ini."

Dia menambahkan bahwa perusahaan tidak "ingin terlibat dalam perang spesifikasi besar-besaran dengan pemain lain." Sebaliknya, mereka ingin "membela sesuatu yang sangat berbeda."

HMD Global saat ini hanya berfokus pada pembuatan perangkat entry-level dan mid-range yang kompetitif yang dapat memberikan ponsel Android anggaran terbaik untuk uang mereka.

Baca Juga:
WSA Kini Sudah Dukung Android 13, Kapan Dirilis ke Publik?

Nokia 9 PureView. (YouTube/Nokia Mobile)

Merek asal Finlandia itu juga berharap bisa tampil baik di pasar smartphone AS. Sesuai Strategy Analytics, HMD Global bertujuan untuk menjadi merek No.1 di pasar smartphone prabayar AS pada akhir tahun.

Meskipun strateginya mungkin sedikit mengecewakan bagi penggemar Nokia, strategi ini membantu HMD Global menghasilkan lebih banyak uang dan meningkatkan pengiriman smartphone-nya.

Data dari Strategy Analytics menunjukkan pengiriman smartphone perusahaan telah mengalami pertumbuhan yang layak sejak kuartal pertama 2021.

Baca Juga:
TikTok Siapkan Fitur Mode Lanskap, Nonton di Tablet Bakal Lebih Nyaman

Pada Q4 2021, HMD Global mengirimkan 3,2 juta smartphone secara global, naik dari 2,8 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan smartphone perusahaan tumbuh 41% YoY selama periode Oktober hingga Desember, mencetak rekor baru.

Nokia 9 PureView, yang diluncurkan pada Februari 2019, adalah ponsel flagship pertama dan satu-satunya yang dirilis HMD Global. Sekarang sepertinya penerus smartphone gahar ini mungkin tidak akan tiba dalam waktu dekat.