Cesar Uji Tawakal
Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Pro mode pada kamera ponsel adalah fitur yang memberikan kontrol manual yang lebih lengkap atas pengaturan kamera, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang lebih profesional.

Mode ini memungkinkan pengguna ponsel untuk memotret dengan hasil layaknya menggunakan kamera DSLR.

Berikut ini beberapa fungsi fitur yang umumnya terdapat pada pro mode kamera ponsel:

Baca Juga:
3 Kegagalan Fatal Nokia, Harusnya Sudah Belajar Banyak, sih!

  1. ISO: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kepekaan sensor kamera terhadap cahaya. Peningkatan ISO akan meningkatkan kepekaan sensor, sehingga dapat digunakan dalam kondisi cahaya yang kurang, tetapi juga akan menambah noise (goresan) pada foto.
  2. Kecepatan rana (Shutter Speed): Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan rana kamera, yang mempengaruhi seberapa lama sensor kamera terpapar pada cahaya. Kecepatan rana yang lebih rendah akan menghasilkan efek blur pada latar belakang, yang cocok untuk foto bokeh, namun juga membutuhkan cahaya yang lebih.
  3. White balance: Ini adalah fitur yang digunakan untuk mengatur warna cahaya yang digunakan dalam sebuah foto. Ini penting untuk mengatur warna yang sesuai dengan lingkungan yang diambil. Pada pro mode kamera ponsel, pengguna dapat mengatur white balance secara manual, seperti mengatur pengaturan ke "kehangatan" untuk membuat foto terlihat lebih cepat atau pengaturan ke "dingin" untuk membuat foto terlihat lebih sejuk.
  4. Fokus: Sesuai namanya, ini adalah fitur yang digunakan untuk menentukan bagian dari foto yang akan fokus. Pada pro mode kamera ponsel, pengguna dapat mengatur fokus secara manual, seperti mengatur fokus ke objek yang diinginkan atau mengatur fokus ke jarak yang diinginkan. Pengguna juga dapat mengatur mode fokus seperti fokus continuos (AF-C) atau fokus satu kali (AF-S) sesuai dengan situasi fotografi yang diinginkan. Mode ini sangat berguna saat mengambil gambar dari objek bergerak atau untuk mengambil foto dengan latar belakang yang buram.

Jadilah itu empat fungsi fitur yang biasa ada di mode Pro pada kamera ponsel. Semoga berguna!