Agung Pratnyawan
iPhone 14 Pro. (Apple)

Tech.hitekno.com - Kembali beredar bocoran iPhone 16 dan iPhone 16 Pro terbaru yang disebut-sebut akan membawa fitur mirip HP Android. Seperti apa bocoran terbaru ini?

Menurut laporan Techradar, iPhone 16 dan iPhone 16 Pro bakal menggunakan komponen Face ID atau sensor wajah yang disembunyikan di bawah layar.

Fitur ini disebut mirip seperti apa yang ada di HP Android, di mana sensor sidik jari tertanam di bawah layar.

Baca Juga:
Bukan iPhone, Bill Gates Pilih HP Android Terbaru dari Samsung

Meski suda ada sensor di bawah layar, Apple tidak menghilangkan cut-out kamera sepenuhnya. Sebab kamera depan di kedua iPhone tersebut bakal tetap terlihat.

Tapi perusahaan asal Cupertino Amerika Serikat itu disebut bisa mengubah desain poni di kamera depan menjadi lubang kecil atau punch hole, mirip seperti yang ada di beberapa HP Android.

Laporan mengklaim kalau perubahan ini hanya muncul ke model iPhone 16 Pro. Nantinya kamera selfie bakal sepenuhnya disembunyikan di bawah layar.

Baca Juga:
Kilas Balik: Kenapa Nokia Tak Jualan Flagship untuk Hadang iPhone dan Pixel? Ini Sebabnya

Sayang tidak ada informasi kapan Apple bakal merilis fitur tersebut. Jika benar, maka teknologi itu akan mirip seperti yang ada di HP layar lipat Samsung Galaxy Z Fold4.

Seperti diketahui iPhone 16 dan iPhone 16 Pro tersebut memiliki kamera selfie yang tersembunyi di layar dalam. Hanya saja komponen tersebut masih terlihat, jadi belum hilang sempurna.

Tidak diketahui juga bagaimana efeknya untuk fitur Dynamic Island, poni dinamis yang ikonik di iPhone 13 Pro dan Pro Max.

Baca Juga:
Mirip iPhone 14 Pro, HP Murah Ini Cuma Dibanderol Rp 2 Jutaan

Di laporan lain, analis Apple Ming-Chi Kuo menyatakan kalau iPhone 16 Pro bakal diluncurkan tahun 2024. Dua iPhone ini bakal membawa fitur baru berupa sensor Face ID di bawah layar.

Itulah bocran iPhone 16 dan iPhone 16 Pro terbaru yang disebut-sebut memakai fitur mirip dengan apa yang ada di HP Android. (Suara.com/ Dicky Prastya)

Baca Juga:
3 Cara Menggunakan Fake GPS dengan Aman di HP Android dan iPhone