Cesar Uji Tawakal
MIUI 14. (Xiaomi)

Tech.hitekno.com - Xiaomi telah meluncurkan versi stabil MIUI 14 ke seri andalan Xiaomi 12 secara global. Perlu diingat bahwa pembaruan antarmuka pengguna baru pertama kali diumumkan di pasar rumah Xiaomi bulan lalu.

Dilansir dari Gizmochina, MIUI 14 telah mencapai smartphone Xiaomi 12 di China awal bulan ini. Namun versi stabil dari pembaruan perangkat lunak akan dimulai dengan model andalan Xiaomi 12 secara global.

MIUI 14 didasarkan pada Android 13 dan memberikan pembaruan keamanan Januari 2023. Pembaruan tersedia untuk pengguna yang telah berada di saluran beta. Ukuran file yang harus diunduh adalah 4,43GB. Nomor versi lengkapnya adalah MIUI 14.0.2.0 (TLCMIXM) dan belum tersedia untuk Xiaomi 12 Pro.

Baca Juga:
Tencent Pecat 100 Lebih Karyawan karena Korup, Sebagian Dipidanakan

Pembaruan hanya tersedia untuk kategori penguji beta tertentu. Belum ada pembaruan otomatis tetapi Xiaomi berharap untuk menyempurnakan MIUI 14 dengan umpan balik dari pengguna pilihan ini.

Selanjutnya, pembaruan MIUI 14 akan tersedia untuk semua smartphone terkait di kandang Xiaomi. Kemudian, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan sederhana dan unduhan OTA akan dimungkinkan.

Sejak 2010 ketika MIUI pertama diluncurkan, saat ini memiliki lebih dari 564 juta pengguna aktif setiap bulan di seluruh dunia. MIUI 14 adalah antarmuka berbasis Android 13 terbaru untuk smartphone Xiaomi.

Baca Juga:
Perbandingan Spesifikasi Redmi 10 5G vs Redmi 10 2022, Pilih Mana?

Muncul dengan antarmuka yang sangat dioptimalkan dan efisien. MIUI 14 juga dimulai dengan Project Razor dengan peningkatan substansial dari arsitektur sistem.

Peningkatan termasuk CPU, GPU, dan penjadwalan sumber daya memori, penurunan penggunaan memori, dan ukuran firmware yang lebih ringan.

Peningkatan MIUI 14 juga mencakup kompresi otomatis untuk aplikasi yang tidak aktif dan opsi sakelar untuk mematikan pemberitahuan permanen.

Baca Juga:
Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo untuk Semua Versi Funtouch OS

Hanya ada delapan aplikasi sistem di MIUI 14 yang tidak dapat dihapus, yang merupakan yang terendah sejauh ini. Antarmuka pengguna baru memiliki folder yang dapat disesuaikan, bunga animasi, widget hewan peliharaan, penggabungan file duplikat, dan pengenalan teks yang ditingkatkan. Ada juga peningkatan privasi menggunakan MIUI 14 dengan enkripsi ujung ke ujungnya.