Rezza Dwi Rachmanta
Sensor kamera Samsung 200 MP. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Keberadaan sensor kamera 200 MP terbaru dari Samsung telah diungkap oleh leaker pada Q4 2022. Samsung kini mengumumkan sensor kamera ISOCELL HP2 200 megapiksel melalui situs resmi perusahaan.

ISOCELL HP2 200 MP diklaim menghasilkan gambar yang menakjubkan dengan detail lebih baik. Perusahaan bakal menyematkan sensor kamera tersebut ke HP flagship terbaru.

Samsung belum mengumumkan terkait model smartphone yang akan mengusung sensor ini.

Baca Juga:
Penampakan Oppo Find X6 Pro Terbaru, Bodi Gemuk dengan Kamera Besar

Meski begitu, leaker Ice Universe sebelumnya membocorkan bahwa sensor 200 MP terbaru akan tersemat pada Galaxy S23 Ultra.

ISOCELL HP2 membawa teknologi piksel yang ditingkatkan dan Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG).

Sensor kamera Samsung 200 MP. (Samsung)

Gambar yang pudar dari lingkungan terang benderang dapat dikurangi secara signifikan berkat teknologi D-VTG milik Samsung.

Baca Juga:
4 Rekomendasi HP Kamera 108 MP Terbaik Januari 2023, Ini Opsinya

Sensor diklaim mengusung teknologi piksel inovatif dan menawarkan detail luar biasa.

"ISOCELL HP2 memanfaatkan teknologi sensor gambar beresolusi tinggi Samsung dan pengetahuan mutakhir untuk detail yang luar biasa. Kepemimpinan kami berasal dari teknologi piksel inovatif yang memungkinkan sensor kami melampaui jumlah dan ukuran piksel. Kami akan terus membuka cakrawala baru dan memantapkan kehadiran kami di pasar sensor resolusi ultra tinggi yang sedang berkembang," kata JoonSeo Yim, Wakil Presiden Eksekutif Tim Bisnis Sensor Samsung Electronics dikutip dari situs resmi perusahaan.

ISOCELL HP2 mengemas 200 juta piksel 0,6 mikrometer (μm) dalam format optik 1/1,3”, ukuran sensor yang banyak digunakan pada kamera smartphone utama 108 MP.

Baca Juga:
Bukan 12 MP Lagi, iPhone 15 Akhirnya Pakai Kamera Utama 48 MP?

Logo Samsung. (Samsung)

Hal ini memungkinkan konsumen untuk menikmati resolusi yang lebih tinggi di smartphone kelas atas terbaru tanpa tonjolan kamera yang lebih besar di perangkat mereka.

Sensor mampu merekam 8K pada 30 fps dengan bidang pandang yang lebih luas dan ukuran piksel lebih besar.

Samsung memperkenalkan fitur DSG untuk pertama kalinya dalam mode 50 MP. Ini menerapkan dua nilai konversi terpisah ke sinyal analog yang diterima pada level piksel.

Selain itu, Smart-ISO Pro, solusi HDR yang menggabungkan berbagai tingkat pembacaan ISO dari satu eksposur, memungkinkan kamera mengambil gambar 12,5 MP dan video 4K pada 60 fps dalam HDR.

Samsung ISOCELL HP2 200 MP telah memasuki produksi massal pada saat ini. Jika bocoran leaker benar, kita bisa menjumpai sensor kamera 200 MP pada Samsung Galaxy S23 Ultra di bulan depan.