Rezza Dwi Rachmanta
Realme 9. (Realme Indonesia)

Tech.hitekno.com - Perusahaan menggulirkan Realme UI 4.0 berbasis Android 13 ke Realme 9 5G pada Q4 2022. Realme kini menghadirkan update Android 13 ke Realme 9 4G di Januari 2023.

Pengguna sekarang bisa mencoba Realme UI 4.0 berbasis Android 13 melalui program Early Access.

Mengingat ini adalah Early Access, update memungkinkan pengguna dalam jumlah terbatas untuk mencoba semua fitur baru sebelum menjangkau publik.

Baca Juga:
Perbedaan Vivo V25 Pro vs Vivo V25, Duel HP Kamera Unggulan

Early Access Android 13 x Realme UI 4.0 datang ke pengguna Realme 9 4G di wilayah India. Meski begitu, update ini juga diharapkan dapat menuju ke negara lain secara bertahap.

Untuk mendapat update, kalian harus memastikan bahwa Realme 9 milikmu menjalankan versi firmware berikut: RMX3521_11.A.29, RMX3521_11.A.31.

Google rilis Android 13 Beta 3. (Google)

Pengguna bisa mememperoleh Realme UI 4.0 dengan mengajukan pendaftaran ke Realme.

Baca Juga:
Samsung Kenalkan Sensor Kamera 200 MP, Bakal Tersemat di HP Flagship

Kalian perlu menuju ke menu Setting > Software Update > klik ikon pada sudut kanan atas > pilih Trial Version dan isi formulir Early Access.

Dikutip dari Gizmochina, update Realme UI 4.0 terbaru hadir dengan banyak fitur dan peningkatan.

Ini meningkatkan fungsionalitas AOD, memungkinkan pengguna untuk mengakses pemutar musik bahkan saat ponsel terkunci.

Baca Juga:
Elon Musk Sebut Instagram Bikin Orang Depresi, Sedangkan Twitter Buat Emosi

Realme 9 dapat update Android 13. (Realme Community)

Beberapa fitur perlindungan privasi telah ditambahkan ke perangkat lunak, termasuk Private Safe, yang didasarkan pada Advanced Encryption Standard (AES). Ada juga pusat kendali baru.

Perusahaan telah menggulirkan update User Interface atau antarmuka terbaru pada sejumlah smartphone kelas menengah. Pada Desember 2022, dua HP Realme seperti Realme 9 Pro dan Realme 9i 5G sudah menerima update Android 13.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, Realme UI 4.0 membawa sejumlah fitur baru dan peningkatan di sektor tertentu.

Update antarmuka meningkatkan performa sebesar 10 persen, suhu maksimum berkurang 1 derajat Celcius, dan masa pakai baterai selama bermain game meningkat sebesar 4,7 persen.

Realme mengklaim bahwa Realme UI 4.0 memungkinkan pengguna menjalankan 18 aplikasi secara bersamaan.

Deretan fitur yang ditawarkan termasuk Dynamic Computing Engine, Quantum Animation Engine 4.0, folder lebih besar, kustomisasi Home Screen Widget anyar, Multi-screen Connect, Auto Pixelate, dan Private Safe.

Bagi pengguna HP Realme 9 4G, kalian perlu mengunjungi menu Setting > Software Update secara berkala untuk mengecek apakah terdapat update Android 13 versi stabil atau tidak dalam beberapa minggu ke depan.