Cesar Uji Tawakal
Nokia X30. (Youtube/Nokia)

Tech.hitekno.com - Nokia telah meluncurkan smartphone seri C baru di pasar Eropa, tipe C12. Ini tiba sebagai penerus Nokia C10 yang dulu memulai debutnya pada tahun 2021.

Dilansir dari Gizmochina, perangkat terbaru ini berupa smartphone dengan sistem operasi Android Go dan mengemas spesifikasi yang layak.

Nokia C12 memiliki layar 6,3 inci dengan resolusi HD+ dan waterdrop notch. Ini tidak memiliki pemindai sidik jari dan perangkat malah mengandalkan face unlock melalui kamera depan 5MP.

Baca Juga:
Cara Mengganti iCloud di iPhone Bekas, Begini Tutorialnya

Smartphone ini memiliki modul kamera kecil di bagian belakang yang menampung sensor 8MP yang dipasangkan dengan LED flash. Panel belakang memiliki pola tekstur untuk cengkeraman yang lebih baik. Ponsel ini berperingkat IP52 debu dan tahan cipratan air.

Nokia C12. (GSM Arena)

Untuk jeroannya, Nokia C12 dilengkapi dengan prosesor Unisoc SC9863A octa-core 1.6GHz. Ini mengemas RAM 2GB dan penyimpanan onboard 64GB yang dapat diperluas melalui slot kartu microSD untuk kebutuhan tambahan.

Dari segi perangkat lunak, perangkat ini berjalan di Android 12 Go Edition di luar kotak. Nokia menjanjikan dua tahun pembaruan keamanan triwulanan untuk ponsel. Smartphone ini ditenagai oleh sel baterai 3,000mAh yang secara mengejutkan dapat dilepas pengguna.

Baca Juga:
Bawa RAM 16 GB dan Android 13, Realme GT Neo 5 Muncul di Geekbench

Pilihan konektivitas pada Nokia C12 termasuk 4G VoLTE, WiFi, Bluetooth 5.2, GPS, dual SIM, jack audio 3.5mm, dan port microUSB.

Nokia C12 mengusung banderol harga 119 euro (sekitar IDR 1,9 jutaan) dan ditawarkan dalam warna Dark Cyan, Charcoal, dan Light Mint. Ini akan tersedia pertama kali di Jerman dan Austria dengan pasar lain untuk segera menyusul.

 

Baca Juga:
Spesifikasi Poco X5 Bocor, Varian Termurah Usung Snapdragon 695