Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Membuat formulir input data di Microsoft Excel sangatlah sederhana. Masih belum banyak yang tahu, Excel memiliki formulir khusus untuk memasukkan data ke dalam spreadsheet yang membuat proses input lebih cepat, lebih mudah digunakan, dan lebih sedikit rawan kesalahan, terutama di lembar kerja besar.

Dengan fitur ini kamu dapat menambahkan catatan baru secara akurat serta memperbaiki dan mengedit yang sudah ada. Kamu juga dapat mengatur Validasi Data untuk memastikan bahwa hanya entri yang memenuhi kriteria tertentu yang diterima.

Formulir entri data didukung di Excel 365, Excel 2019, Excel 2016, Excel 2010, dan Excel 2007, tetapi tidak tersedia di Excel Online (Excel untuk web). Berikut cara membuat formulir input data di Microsoft Excel yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga:
Cara Mengubah Format Tanggal di Microsoft Excel

Cara Menambahkan Alat Formulir ke Excel

Meskipun alat Formulir ada di semua versi Excel 2007 hingga Excel 365, alat ini disembunyikan secara default. Jadi, pertama-tama, kamu harus membuatnya terlihat dengan menambahkan tombol Dari ke ribbon atau Bilah Alat Akses Cepat, atau keduanya.

Untuk menambahkan alat Formulir ke Bilah Alat Akses Cepat (QAT), berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Baca Juga:
Ini Profil dan Biodata Clara Mongstar, Caster Cantik Andalan Indonesia

• Klik panah bawah kecil di ujung kanan QAT, lalu pilih Perintah Lainnya di menu pop-up. Menambahkan perintah ke Bilah Alat Akses Cepat
• Di kotak dialog Opsi Excel yang terbuka, di bawah Pilih perintah dari, pilih Semua Perintah atau Perintah Bukan di Pita.
• Gulir ke bawah daftar perintah di sebelah kiri sampai kamu melihat Formulir… dan klik di atasnya.
• Klik tombol Tambah di tengah untuk memindahkan Formulir ke daftar perintah QAT di sebelah kanan.
• Klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup dialog. Tambahkan tombol Dari ke QAT.
• Ikon Formulir akan segera muncul di Bilah Alat Akses Cepat dan akan tersedia di semua buku kerja Anda. Ikon Dari ditambahkan ke Bilah Alat Akses Cepat.

Cara Membuat Formulir Entri Data di Microsoft Excel

Formulir entri data hanya tersedia untuk tabel Excel yang berfungsi penuh. Untuk mendapatkan formulir, kamu hanya perlu memasukkan data kamu ke dalam tabel dan klik tombol Formulir. Langkah-langkah rinci ikuti di bawah ini:

Baca Juga:
Apple Rilis Mac Mini Anyar Rp 9 Jutaan, Bawa RAM 8 GB dan Chip M2

• Di lembar kerja, ketik judul kolom di baris paling atas seperti biasa. Jika kamu menginginkan formulir input untuk kumpulan data yang ada, lewati langkah ini.
• Pilih sel mana saja di kumpulan data dan klik tombol Ctrl + T secara bersamaan. Ini akan memilih semua data dan mengubahnya menjadi tabel.
• Tempatkan kursor di mana saja di dalam tabel dan klik tombol Formulir. Selesai!

Itulah cara membuat formulir entri data di Microsoft Excel yang bisa kamu coba. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins