Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi nonton TV. (Pixabay/mohamed_hassan)

Tech.hitekno.com - Tips memilih parabola mini bisa membantu kamu mempertajam tampilan siaran TV. Parabola adalah antena dengan jangkau tinggi yang mampu menangkap sinyal lebih jauh. Umumnya alat ini digunakan untuk mendapatkan siaran televisi yang lebih bagus dan jernih.

Cara kerja parabola adalah dengan menangkap siaran dan gelombang radio dan mengirimnya ke televisi. Selain siaran lokal, kamu juga bisa mendapatkan siaran televisi internasional dengan berlangganan provider tertentu.

Ada beberapa tips memilih parabola mini agar kamu tidak salah beli. Kamu bisa menyesuaikan fitur yang ditawarkan dan kebutuhan kamu. Berikut tips memilih parabola mini yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga:
Pengantin Pria Foto Rangkul 3 Gadis Cantik Ini, Netizen: Konsepnya Gimana Ini?

1. Perhatikan Jenis Televisi

Untuk menentukan parabola harus disesuaikan dengan jenis televisi yang kamu miliki. Apabila LCD maka sebaiknya memilih receiver mpg4 HD yang mendukung sinyal HDMI. Untuk jenis TV tabung jenis MP2 sudah cukup menangkap gambar jernih.

2. Menggunakan LNB Sesuai Kebutuhan

Baca Juga:
Gadis-gadis Nekat Piknik di Dalam Lift Gedung Ini, Netizen: Duh Dek, Malu-maluin

Jumlah LNB disesuaikan juga dengan jenis layar televisi. Contohnya jenis tabung, memasang 2 LNB saja sudah cukup. Tapi, apabila ingin mendapatkan siaran lebih banyak maka coba pasang lebih dari 2 LNB. Bisa 4 LNB, misalnya. Untuk jenis TV LCD, semua disesuaikan dengan kebutuhan. Catatan penting ketika pemasangan, komunikasikan secara rinci terkait biaya kepada ahlinya.

3. Sesuaikan dengan Jumlah Televisi

Banyaknya TV berpengaruh terhadap pemilihan jenis antena. Jika sekarang ada satu televisi maka cukuplah menggunakan jenis LNB 2R. Tapi, apabila nanti akan menambah, LNB tersebut harus dibagi.

Baca Juga:
Tips Main Dyrroth dari RRQ R7, Jadi OP Banget Acak-acak Tim Lawan

4. Memeriksa Kualitas Kabel

Kekeliruan dalam menentukan kabel berakibat fatal terhadap korsleting listrik. Misal, jenis antena c band akan sangat pas apabila menggunakan kabel serabut serat ground padat. Perhatikan juga ukuran diameternya. Kabel termasuk komponen paling sensitif serta kesalahan dalam pemilihan berakibat fatal terhadap keselamatan dan keamanan semua orang. Lebih lagi saat cuaca hujan.

5. Menentukan Jenis Parabola

Jenis dish yang lebih kuat terhadap berbagai macam situasi dan perubahan musim di luar rumah. Secara kualitas bisa menangkap sinyal lebih baik, tetapi mahal. Jenis lainnya ada C Band yang cukup baik untuk jaringan maupun sinyal. Sementara itu frekuensi ku band akan bagus dengan antena solid. Penting untuk menyesuaikan antara televisi dengan jenis parabola yang akan dibeli.

Itulah tips memilih parabola mini yang bisa kamu pertimbangkan. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins