Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi parabola untuk TV. (Pexels)

Tech.hitekno.com - Parabola biasanya dikenal dengan sebutan decoder atau satellite receiver. Pada umumnya, receiver sudah tersedia di dalam paket antena parabola. Namun, kamu bisa membeli receiver secara terpisah bila belum memilikinya atau alat yang lama sudah rusak.

Parabola adalah alat berbentuk piringan besar yang digunakan untuk menangkap serta mentransmisikan data, termasuk sinyal televisi dan radio. Piringan tersebut akan memantulkan sinyal ke titik fokus yang berada di bagian tengah. Pada titik fokus ditempatkan sebuah alat bernama LNB (low noise block).

LNB akan mengonversi sinyal yang telah ditangkap supaya lebih mudah diolah oleh receiver. Selanjutnya, receiver bertugas mendekripsi program atau sinyal yang ditangkap antena dan mengubahnya menjadi audiovisual di layar TV.

Baca Juga:
Update Harga Realme 9 Pro Plus Januari 2023 di Indonesia

Receiver parabola akan mengirimkan saluran atau channel khusus berdasarkan paket berlangganan yang kamu gunakan. Saat ini tersedia banyak jenis parabola, termasuk parabola mini. Berikut rekomendasi parabola mini yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Bromo C2000: Rp295.000

Receiver parabola K-Vision BROMO C2000 memungkinkan pengguna untuk menonton channel TV lokal gratis, termasuk RCTI, GTV, dan MNCTV. Selain itu, receiver K-Vision terbaik ini dilengkapi port HDMI. Jadi, pengguna akan mendapatkan tampilan layar yang jernih dengan menyambungkan receiver pada TV LED dengan resolusi HD.

Baca Juga:
Cara Setting Parabola untuk Tangkap Sinyal TV Digital

2. Matrix Big Burger HD: Rp157.500

Matrik merupakan receiver hybrid yang bisa dipakai untuk parabola mini, besar solid, dan jaring. Receiver parabola Matrix ini juga dapat membuka semua acakan channel sehingga pengguna tidak akan ketinggalan program favorit.

3. Skybox A-1 New: Rp160.000

Baca Juga:
5 Rekomendasi Parabola Mini Murah Bisa Indoor, Bisa Jadi Alternatif STB

Bukan tidak mungkin bila kabel power supply pada receiver parabola mengalami kerusakan. Bila hal tersebut terjadi, bantuan dari teknisi diperlukan untuk memperbaikinya. Berbeda dari yang lain, produk ini dilengkapi dual power supply untuk menanggulangi kabel yang rusak.

4. Nex Parabola MOLA Nex Parabola: Rp309.000

Produk ini merupakan receiver Nex Parabola terbaik untuk penikmat serial TV dan film barat. Dengan receiver ini, pengguna bisa bebas mengakses tayangan eksklusif Mola TV. Ada film dokumenter hingga film romance yang dapat ditonton sepanjang malam.

Selain itu, pengguna bisa menonton semua channel FTA dari TV nasional dengan receiver Nex Parabola paling bagus ini. Produk ini juga dilengkapi fitur konsumsi daya rendah dengan kontrol sleep mode yang sesuai dengan pedoman RoHS.

5. Nex Parabola Garuda G2: Rp334.000

Parabola Garuda G2 menawarkan paket Family gratis selama 1 bulan setelah pengguna melakukan aktivasi. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan uji coba sebelum benar-benar berlangganan.

Keunggulan lain receiver parabola ini adalah menawarkan siaran dengan gambar yang jernih. Selain itu, ada in-house channel eksklusif yang bisa didapatkan secara gratis. Di bagian atas produk ini sudah tertera petunjuk aktivasi untuk memudahkan pengguna saat hendak memakainya.

6. Optus OP-66 HD: Rp305.000

Receiver ini dapat terhubung ke saluran yang bersahabat untuk anak-anak, seperti Nick Jr. Ada juga bonus channel luar negeri yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Produk ini akan menjadi receiver parabola terbaik bagi pengguna yang ingin memberikan tontonan yang aman untuk anak.

Itulah rekomendasi parabola mini untuk TV terbaik yang bisa kamu coba. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins