Rezza Dwi Rachmanta
Ilustrasi Samsung One UI 5. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Samsung resmi menggulirkan update 13 untuk tablet dan smartphone. Tablet Samsung Galaxy Tab S6 Lite baru saja memperoleh update Android 13 dan antarmuka One UI 5.0.

Pembaruan tersebut hadir pada model LTE (SM-P615). Versi Wi-Fi (SM-P610) kemungkinan memperoleh update pada beberapa waktu ke depan.

Update One UI 5.0 berbasis Android 13 hadir ke Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2020). Perusahaan sudah menggulirkan update ke Galaxy Tab S6 Lite 2022 pada tahun lalu.

Baca Juga:
Ini Ukuran Layar Smartphone Paling Ideal 2023, Terlalu Besar Tak Populer

Tablet Samsung berusia 2,5 tahun itu kini memperoleh One UI 5.0 dengan taskbar anyar. Ini memungkinkan pengguna merasakan pengalaman tablet yang diklaim mirip dekstop.

Hal yang sama berlaku untuk gesture multi-window baru. Itu membuat tablet bisa melakukan split screen dengan lebih mudah.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite. (Samsung)

Dikutip dari Sam Mobile, update turut menghadirkan animasi pada Recent Apps. Pembaruan firmware One UI 5.0 untuk Galaxy Tab S6 Lite hadir dengan patch keamanan November 2022. Pembaruan membawa firmware versi P615XXU4FWA5.

Baca Juga:
Usung Sensor 200 MP, Ini Bocoran Hasil Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Pada informasi sebelumnya, perusahaan mengungkap bahwa One UI 5.0 dapat menawarkan fitur baru yang membantu Anda menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih efisien.

Widget di One UI 5 hadir dengan opsi anyar yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home screen tetap rapi dengan Stack widget terbaru.

Fitur ini memungkinkan Anda melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan lebih efisien.

Baca Juga:
Iklan Berbahaya Jangkit 11 Juta HP iOS dan Android, Ini Efeknya

One UI 5.0 juga dilengkapi dengan Smart suggestion untuk widget. Smart suggestions secara otomatis menyarankan aplikasi dan tindakan yang membuat pengalaman seluler menjadi lebih personal.

Pengguna Samsung Galaxy Tab S6 Lite harus menuju ke menu Setting > Software Update > klik "Download and Install" untuk melakukan update Android 13.

Baca Juga:
Nokia Luncurkan Ponsel Paket Hemat, Android Go Jadi Andalan