Cesar Uji Tawakal
MediaTek Kompanio. (MediaTek)

Tech.hitekno.com - MediaTek Kompanio adalah merek prosesor mobile yang dikembangkan oleh MediaTek, sebuah perusahaan semikonduktor Taiwan.

Seri Kompanio mencakup chip 500, 820, 828, 1200, dan 1380. Chip ini dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih baik daripada prosesor MediaTek biasa.

Ini membuat chipset yang dikembangkan oleh MediaTek cocok digunakan dalam Chromebook.

Baca Juga:
Snapdragon 8cx Gen 4 Bakal Dukung GPU Eksternal, Intel-AMD Ketar-ketir

Chip Kompanio 1380 adalah yang terbaru dalam seri dan digunakan di Acer Chromebook Spin 513.

Perbedaan utama antara MediaTek Kompanio dan prosesor MediaTek biasa adalah bahwa chip Kompanio dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih baik.

Misalnya, Kompanio 1300T memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi daripada prosesor MediaTek MT8176 biasa. Selain itu, Kompanio 520 dan 528 memiliki frekuensi inti yang sedikit berbeda.

Baca Juga:
Rangkuman Spesifikasi Oppo Reno 8T 4G, Siap Debut di Indonesia!

Berikut adalah beberapa contoh lini produk dari MediaTek Kompanio dirangkum dari berbagai sumber:

  • MediaTek Kompanio 1300T menampilkan CPU okta-inti dengan empat inti super, Arm Cortex-A78, yang dikombinasikan dengan empat prosesor berfokus pada efisiensi.
  • MediaTek Kompanio 1200 memiliki CPU okta-inti dengan empat inti Arm Cortex-A78 yang siap untuk menangani multitasking cepat dan aktivitas sehari-hari.
  • MediaTek Kompanio 1380 adalah chip 6nm premium yang kuat dengan pemrosesan canggih, AI lanjutan, siap untuk asisten suara, layar 4K dan IO fleksibel.
  • MediaTek Kompanio 520 merupakan upgrade signifikan untuk Chromebook entry level, meningkatkan performa CPU dan grafis dalam aktivitas sehari-hari seperti web, streaming video dan game.
  • MediaTek Kompanio 500 (MT8183) menggabungkan berbagai macam hardware yang sangat kapabel ke dalam chip yang hemat daya, memungkinkan Chromebook berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.