Rezza Dwi Rachmanta
Smart TV LG NanoCell 86 Inci beresolusi 8K. (LG)

Tech.hitekno.com - Hanya segelintir produsen yang sangat sukses dalam mengembangkan TV dengan layar ultra-besar. Berdasarkan pernyataan terbaru dari perusahaan, LG memilih untuk menunda perilisan TV OLED 97 inci beresolusi 8K.

Produk OLED terbesar milik LG, model 97 inci, masih akan mempertahankan resolusi 4K (sama seperti produk tahun lalu).

Sebagai perbandingan, Samsung telah merilis Neo QLED 8K pada 2021. Perusahaan saat itu menghadirkan banyak model dari varian 65 inci, 75 inci, hingga yang terbesar, 98 inci.

Baca Juga:
Pantesan Harga POCO F4 GT Direvisi, HP Ini Diduga Jadi Biang Keladi

Berbeda dari kompetitor, LG memilih untuk "wait and see" (tunggu dan lihat) di dalam persaingan smart TV ultra-besar.

Seorang pejabat LG Electronics menyatakan pada CES 2023 yang digelar awal Januari bahwa mereka saat ini belum ada rencana pengembangan atau perilisan produk tersebut.

Smart TV LG NanoCell 86 Inci beresolusi 8K. (LG)

Itu berarti kita tidak akan melihat Smart TV OLED 97 Inci 8K anyar dalam waktu dekat. Mereka beralasan bahwa perusahaan akan berfokus pada teknologi nirkabel, alih-alih merilis TV OLED ultra-besar 8K dengan segmen terbatas.

Baca Juga:
Spesifikasi Hisense 40E5G, Smart TV Digital 40 Inci Murah Rp 2 Jutaan

"Kita saat ini tidak ada rencana untuk merilis produk TV OLED 97 Inci 8K. Kami akan melihat bagaimana pelanggan menggunakan produk TV OLED 97 Inci 8K yang ada di pasar dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kenyamanan. Alih-alih persaingan resolusi yang sia-sia, kami akan berfokus pada peningkatan kenyamanan lain seperti teknologi nirkabel," kata salah satu satu petinggi LG dikutip dari Gizmochina.

Pengguna layar TV ultra-besar memang sangat sedikit mengingat banderol harganya yang tak murah.

Ilustrasi smart TV LG. (LG via Gizmochina)

LG pernah merilis Smart TV 86 inci beresolusi 8K (LG NanoCell 99 Series with AI ThinQ) dengan harga 4.999 dolar AS atau Rp 75 juta pada tahun 2021.

Baca Juga:
Jual 8 Juta Unit, Xiaomi Jadi Merek Smart TV Nomor 1 di India

Sang kompetitor, Samsung Neo QLED 8K TV varian 75 inci (75QN800A) dibanderol dengan harga Rp 71.999.000 sementara model 65 inci (65QN800A) dapat dibeli seharga Rp 51.999.000 saat perilisan perdana.

Tentu smart TV OLED 97 Inci dengan resolusi 8K akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal lagi. LG masih memantau tren pasar dan preferensi konsumen sebelum berkomitmen untuk mengembangkan dan merilis smart TV OLED 97 Inci 8K.

Baca Juga:
Petinggi Hisense Bahas Tren Industri Smart TV, Termasuk Perang Harga