Cesar Uji Tawakal
Samsung Exynos 2200. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Sempat dikabarkan tamat, rupanya Samsung masih berusaha keras untuk menyajikan chipset kompetitif yang bisa bersaing dengan produk kompetitor.

Dilansir dari Gizmochina, Samsung MX dilaporkan telah memberi lampu hijau pada CPU Exynos 2400 yang akan datang, dengan produksi massal akan dimulai akhir tahun ini pada node 4LPP Samsung.

Menurut keterangan rahasia Korea Selatan Vampire King, Exynos 2400 (dengan nama kode Root) akan menampilkan desain quad-cluster dengan total sepuluh core, dan akan digunakan dalam varian Korea Selatan Galaxy S24 tahun depan.

Baca Juga:
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S20 Bekas Plus Skor Antutu, Masih Layak di 2023?

Exynos 2400 dikatakan mengikuti desain quad-cluster Snapdragon 8 Gen 2, dengan inti Cortex-X4 utama, dua cluster inti Cortex-A720, dan empat inti Cortex-A510.

Namun, ada informasi yang bertentangan tentang jumlah pasti core Cortex-A720 dan jumlah total core CPU.

Satu laporan menyatakan akan menampilkan delapan inti CPU (1+4+3) sementara yang lain mengklaim akan memiliki sepuluh inti (1+2+3+4).

Baca Juga:
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Lengkap dengan Harga Bekas Plus Skor Antutu

Penting untuk dicatat bahwa Exynos 2400 bukanlah chip eksklusif Galaxy yang dikembangkan oleh "Dream Team" Samsung.

SKU itu seharusnya dialokasikan untuk Galaxy S24 dan diperkirakan akan memasuki produksi massal pada tahun 2024, mungkin sebagai jawaban untuk Snapdragon 8 Gen 4 dengan inti Nuvia.

Perlu disebutkan bahwa Samsung telah menggunakan prosesor Snapdragon di perangkat andalannya dalam beberapa tahun terakhir, tetapi dengan varian Galaxy S24 di Korea Selatan akan ditenagai oleh Exynos 2400, tampaknya Samsung ingin mengubah tren itu.

Baca Juga:
Samsung Galaxy A54: Baterai dan Chipsetnya Bikin Penasaran

Sayangnya keterangan resmi dari pihak Samsung masih absen, sehingga rumor ini masih perlu banyak pembuktian.

Akankah Exynos bangkit, atau justru malah menemui ajalnya dalam beberapa tahun yang akan datang?