Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Apple. (unsplash/VASANTH)

Tech.hitekno.com - Ketertarikan Apple pada teknologi yang dapat dilipat bukanlah hal baru, karena perusahaan telah diberikan beberapa paten dalam beberapa tahun terakhir terkait dengan teknologi tersebut.

Dilansir dari Gizmochina, paten terbaru, yang diberikan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS, menggambarkan layar yang dapat dilipat yang dirancang agar tahan retak. Ini berpotensi mengatasi salah satu masalah utama dengan perangkat yang dapat dilipat, yaitu kerapuhannya.

Paten dengan nomor paten US-20230011092-A1 berkaitan dengan tampilan yang terdiri dari beberapa lapisan, termasuk substrat fleksibel, lapisan transistor film tipis, dan lapisan pelindung.

Baca Juga:
IDC: Pengiriman HP Alami Penurunan Signifikan di Quarter Terakhir 2022

Apple uji coba HP layar lipat. (TheElec via GSM Arena)

Lapisan pelindung dirancang untuk mencegah terbentuknya retakan pada substrat fleksibel, yang merupakan bagian dari layar yang paling rentan terhadap kerusakan.

Selain layar tahan retak, Apple juga telah diberikan paten untuk layar self healing. Teknologi ini akan memungkinkan layar pulih dari goresan kecil, yang merupakan masalah umum lainnya dengan perangkat yang dapat dilipat.

Dengan semakin banyak perusahaan yang memasuki pasar lipat, termasuk Google dengan Pixel Fold yang akan datang, sepertinya kita akan melihat perangkat lipat dari Apple dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Memanas, Jepang dan Belanda akan Ikut di Perang Semikonduktor Melawan China

Paten baru ini dan yang sebelumnya pada layar penyembuhan diri kemungkinan akan menjadi faktor kunci dalam pengembangan perangkat lipat Apple, membawa lebih banyak daya tahan dan keandalan ke faktor bentuk yang dapat dilipat.