Cesar Uji Tawakal
Samsung Galaxy Z Flip 3. (Samsung)

Tech.hitekno.com - HP layar lipat kini tengah menajdi tren, dan dalam beberapa waktu belakangan pertumbuhannya cukup positif.

Beberapa produsen pun mulai menelurkan produk unggulannya, seperti Samsung dan seri fold/flip-nya, disusul oleh Oppo, Xiaomi, bahkan Google.

HP layar lipat identik dengan harga mahal plus desain yang cantik. Beberapa dari mereka juga dibuat sedemikian rupa agar bisa menyerupai tablet mini dengan layar lebih lebar dari ponsel kebanyakan.

Baca Juga:
Siapkan iPhone Lipat, Apple Patenkan Layar Self Healing

Walau demikian bukan berarti ponsel jenis ini tanpa kelemahan. Beberapa kelemahan yang mungkin dihadapi oleh smartphone dengan layar lipat antara lain:

Prediksi smartphpne layar lipat dari LG. (SlashGear).

 

  1. Kerusakan layar: Layar lipat sangat rentan terhadap kerusakan seperti goresan, retak, atau bahkan pecah, jika digunakan dengan tidak hati-hati.
  2. Biaya: Smartphone dengan layar lipat umumnya lebih mahal dibandingkan dengan smartphone tradisional.
  3. Keawetan: Layar lipat mungkin tidak seawet layar smartphone tradisional karena adanya mekanisme lipat yang digunakan.
  4. Durabilitas: Smartphone dengan layar lipat memiliki mekanisme yang lebih kompleks dibandingkan dengan smartphone tradisional, yang dapat menyebabkan masalah dengan durabilitas jangka panjang.
  5. Perlindungan layar : Layar lipat dapat mengalami kesulitan dalam menemukan pelindung layar yang sesuai dan cukup aman.

Baca Juga:
IDC: Pengiriman HP Alami Penurunan Signifikan di Quarter Terakhir 2022