Cesar Uji Tawakal
Layar Samsung Galaxy S23 Ultra. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Tahun ini akhirnya terjadi seri Galaxy S baru dibekali satu jenis SoC di seluruh dunia. Tidak ada lagi versi Exynos, hanya ada Snapdragon.

Namun bukan berarti seri Galaxy S23 baru tidak menonjol dari yang lain. Snapdragon 8 Gen 2 yang berjalan di bawah kap di semua ponsel S23 sebenarnya adalah "Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy".

Itu karena CPU dan GPU keduanya di-overclock dan menawarkan kinerja yang sedikit lebih tinggi daripada ponsel lain dengan chipset yang sama di pasaran. Tetapi seberapa besar perbedaannya?

Baca Juga:
Mengenal Apa Itu Core dan Thread pada CPU, Ini Bedanya

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy menampilkan konfigurasi CPU yang sama dengan 1x Cortex-X3, 2x Cortex-A715, 2x Cortex-A710 dan 3x Cortex-A510 core, tetapi inti Cortex-X3 utama memiliki clock pada 3.36 GHz, bukan 3.2GHz. Hal yang sama berlaku untuk GPU - Adreno 740 di sini berjalan pada 719 MHz, bukan 680 MHz biasa.

Menurut tes yang dilakukan GSM Arena, hasil dari tes CPU Geekbench 5 mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi ada penjelasan yang sangat bagus mengapa Galaxy S23 Ultra memimpin ZTE Nubia Red Magic 8 Pro dalam tes single-core dan kalah dari yang terakhir dalam skenario multi-core.

Samsung Galaxy S23 Ultra. (Samsung)

Pertama, Cortex-X3 di dalam S23 Ultra memiliki clock lebih tinggi dan kedua, inti Cortex-X3 besar tidak digunakan dalam tes multi-core.

Baca Juga:
Bikin Bingung, Ini Perbedaan 4 Jenis Chip NPU, APU, CPU dan GPU

Dan itulah mengapa Red Magic 8 Pro mungkin memiliki sedikit keunggulan dibandingkan Galaxy karena sistem pendinginnya yang gemuk yang memungkinkan Snapdragon 8 Gen 2 berjalan pada gigi yang lebih tinggi. Namun, perbedaannya agak kecil.

Sementara di AnTuTu Galaxy S23 Ultra berada di belakang Red Magic 8 Pro Anda harus ingat yang terakhir adalah ponsel gaming dengan layar 1080p+ yang membutuhkan daya grafis lebih sedikit. Bagaimanapun, AnTuTu 9 adalah tes kompleks.

Di sisi lain Snapdragon baru jauh lebih cepat daripada chip Snapdragon 8+ Gen 1 yang lebih lama dan bahkan A16 Bionic di dalam iPhone 14 Pro Max.

Baca Juga:
Perusahaan Ini Kembangkan Implan Chip untuk Otak, Bisa Bantu Penderita Penyakit Neurologis

Ketika datang ke tugas-tugas intensif GPU, versi Galaxy dari Snapdragon 8 Gen 2 adalah pemenang yang jelas. Di hampir semua tes di luar layar, Galaxy S23 Ultra memimpin di atas yang lain dan gagal hanya dalam tes di layar ketika ditantang oleh ponsel dengan resolusi lebih rendah.

Secara keseluruhan, seri Galaxy S23 baru menawarkan peningkatan substansial dari pendahulunya, apa pun versinya. Tetapi konsumen Eropa dan India kemungkinan akan mendapat manfaat paling besar, karena Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy mengalahkan Exynos 2200 SoC tahun lalu.

Untuk menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif, Galaxy S23 Ultra 30-35% lebih cepat daripada Galaxy S22 Ultra dalam tes CPU dan sekitar 30% lebih cepat dalam benchmark AnTuTu 9 gabungan.

Di seluruh tes GFX Bench dan GPU 3DMark, Galaxy S23 Ultra kadang-kadang menunjukkan peningkatan kinerja 2x lipat, tetapi dalam sebagian besar skenario, ini adalah peningkatan 80-90%.