Agung Pratnyawan
Motor listrik Gesits Raya. (Gesits)

Tech.hitekno.com - Ramai kabar beli motor listrik dapat subsidi Rp 7 juta dari pemerintah? Benarkah pemerintah memberikan subsidi motor listrik seperti yang ramai sekarang?

Yup benar, pemerintah menyiapkan subsidi motor listrik Rp 7 Juta, dan mulai digulirkan sejak Maret 2023 mendatang.

Dikutip dari Suara.com, Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan program subsidi kendaraan listrik pada bulan Maret 2023 mendatang.

Baca Juga:
Spesifikasi Honda EM1 e, Motor Listrik yang Dinaiki Jokowi di IIMS 2023

Program beli motor listrik dapat subsidi Rp 7 juta ini juga berlaku bagi motor listrik baru maupun konversi.

"Subsidi kendaraan listrik akan mulai dijalankan pemerintah pada Maret mendatang (minggu depan)," kata Arifin Tasrif di Kemenko Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Dirinya mengatakan besaran subsidi yang akan digelontorkan pemerintah mencapai Rp7 juta. Subsidi diberikan baik untuk pembelian motor listrik baru maupun konversi.

Baca Juga:
Harga dan Spesifikasi Charged Rimau, Motor Listrik dengan Jarak Tempuh 200 KM

Untuk tahun ini katanya, pemerintah menggelontorkan subsidi bagi pembelian motor listrik baru ataupun konversi untuk 50 ribu unit.

"Tahun ini konversi minimum 50 ribu dulu nih. Tapi kita lagi mau coba membina bengkel-bengkel. Nanti kerja sama dengan Pak Menhub untuk bisa mengembangkan bengkel-bengkel,"katanya.

Ia berharap subsidi itu bisa membantu masyarakat mendapatkan kendaraan listrik dengan murah.

Baca Juga:
Harga dan Spesifikasi Motor Listrik Charged Maleo, Desain Unik dan Menggemaskan

"Tujuannya, satu dengan memakai kendaraan listrik masyarakat itu bisa menghemat biaya BBM. Kalau biaya BBM bisa menghemat, negara juga bisa mengurangi impor minyak dan BBM," katanya.

Selain itu, subsidi ia harapkan bisa membuat udara menjadi bersih

"Kalau semua menggunakan kendaraan listrik, udara kita juga bersih. Jadi mengurangi emisi karbon, itu manfaatnya," katanya.

Baca Juga:
Spesifikasi Honda EM1 e, Motor Listrik dengan Baterai yang Bisa Dilepas

Itulah laporan terkini soal program subsidi motor listrik yang disiapkan berlaku bulan Maret sebagai dukungan pada program kendaraan listrik. (Suara.com/ Mohammad Fadil Djailani)