Cesar Uji Tawakal
Logo Samsung. (unsplash/Kote Puerto)

Tech.hitekno.com - Samsung akan memproduksi chip 5nm baru Ambarella untuk mobil self-driving. Perusahaan Korea mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi CV3-AD685 SoC (system-on-a-chip) yang akan berfungsi sebagai pengontrol domain pusat AI untuk mobil otonom. Beberapa pemasok otomotif "Tier-1" sudah merencanakan produk berdasarkan SoC yang akan datang, menurut Android Headlines.

Ambarella adalah perusahaan desain semikonduktor fabless yang berbasis di California. Ini merancang dan mengembangkan chip semikonduktor yang digunakan dalam berbagai produk elektronik, termasuk mobil otonom, robotika, dan banyak lagi. CV3-AD685 adalah versi produksi pertama dari keluarga CV3-AD pengontrol domain pusat AI untuk mobil self-driving. Ini adalah chip 5nm yang menampilkan CPU ARM Cortex-A78AE dan R52. Ambarella telah memasangkan CPU dengan GPU kelas otomotif dan modul keamanan perangkat keras (HSM).

Dibangun khusus untuk ADAS (advanced driver assistance systems), CV3-AD685 juga mengintegrasikan pemrosesan gambar canggih dan mesin aliran stereo dan optik yang padat. Mesin AI CVflow generasi berikutnya dari Ambarella mencakup pemrosesan jaringan saraf yang "20 kali lebih cepat" daripada solusi generasi sebelumnya (SoC CV2). Selain itu, chipset baru ini juga mendapat manfaat dari "kemampuan pemrosesan vektor umum dan vektor saraf," memungkinkan segala sesuatu mulai dari visi komputer dan radar pencitraan 4D hingga fusi sensor dalam dan perencanaan jalur untuk pemrosesan tumpukan mengemudi otonom penuh (AD).

Baca Juga:
Berbekal Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan, China Sanggup Penuhi Kebutuhan Listrik Hampir Semua Warganya

Chipset ini memiliki fitur sebagai "algoritma pertama" dan memungkinkan "informasi dari berbagai sensor untuk digabungkan untuk mengemudi otonom L2+ hingga L4 yang kuat". Singkat cerita, Ambarella telah merancang SoC yang dapat membuka jalan bagi berbagai solusi untuk mengemudi dengan bantuan. Namun, karena Ambarella adalah perusahaan fabless, ia tidak memiliki fasilitas manufaktur semikonduktor. Dengan demikian, perusahaan telah mengetuk Samsung untuk memproduksi CV3-AD685 SoC.

 

Baca Juga:
Server Pentagon Bocor selama Beberapa Pekan, Informasi Sensitif Rentan Tersebar