Cesar Uji Tawakal
Logo Intel. (Intel)

Tech.hitekno.com - Prosesor adalah salah satu komponen paling penting dalam sebuah komputer, dan saat ini salah satu merek yang paling populer adalah Intel.

Setiap tahun, Intel merilis serangkaian prosesor baru dengan kode seri yang berbeda, yang memberikan informasi tentang spesifikasi dan performa dari setiap jenis prosesor.

Namun, bagi sebagian orang, kode seri prosesor Intel bisa terlihat membingungkan dan sulit untuk dipahami.

Baca Juga:
Sama-sama Dijual Rp3 Jutaan, Ini Perbandingan Infinix Zero 5G 2023 vs POCO X5 5G

Oleh karena itu, dalam artikel ini, Hitekno.com akan membahas cara membaca kode seri prosesor Intel sehingga kamu dapat memahami dan memilih prosesor yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Kode seri prosesor Intel terdiri dari beberapa digit dan huruf, dan memberikan informasi tentang spesifikasi dan performa prosesor tersebut. Berikut adalah cara membaca kode seri prosesor Intel:

Kode prosesor Intel terdiri dari beberapa bagian yang menunjukkan merek, tingkatan performa, generasi, nomor SKU dan suffix. Misalnya, Intel Core i7-9700K adalah prosesor Intel Core i7 generasi ke-9 dengan nomor SKU 700 dan suffix K.

Baca Juga:
Nokia Ganti Logo, Sebabnya Tak Terduga

Suffix atau huruf di belakang kode prosesor Intel menunjukkan karakteristik khusus dari prosesor tersebut.

Misalnya, suffix K berarti prosesor tersebut dapat di-overclock, suffix U berarti prosesor tersebut memiliki efisiensi daya yang tinggi, suffix H berarti prosesor tersebut memiliki performa tinggi dan cocok untuk laptop gaming, dan suffix F berarti prosesor tersebut tidak memiliki kartu grafis bawaan.

Baca Juga:
9 Startup Fintech Populer di Indonesia Tahun 2023, Mana yang Jadi Andalanmu?