Cesar Uji Tawakal
Vivo V21 - Extended RAM. (Vivo Indonesia)

Tech.hitekno.com - Fitur extended RAM adalah fitur yang memungkinkan ponsel untuk menggunakan sebagian ruang penyimpanan internal sebagai tambahan kapasitas RAM. Fitur ini berguna untuk meningkatkan kinerja ponsel saat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau bermain game dengan grafis tinggi. Dengan fitur extended RAM, ponsel bisa memiliki total RAM lebih besar dari kapasitas aslinya.

Cara kerja fitur extended RAM adalah dengan mengalokasikan sebagian ruang penyimpanan internal yang tidak digunakan sebagai virtual memory atau memori virtual. Memori virtual adalah teknik yang memungkinkan sistem operasi untuk menggunakan ruang penyimpanan sebagai perpanjangan dari memori fisik. Dengan demikian, ponsel bisa mengakses data dan instruksi yang dibutuhkan lebih cepat dan efisien.

Cara mengaktifkan RAM Plus pada Samsung Galaxy A14 5G. (Samsung)

Untuk menggunakan fitur extended RAM, pengguna harus mengaktifkannya di pengaturan ponsel. Cara mengaktifkan fitur ini mungkin berbeda-beda tergantung merek dan model ponsel. Namun, umumnya pengguna bisa menemukan opsi extended RAM di menu storage atau memory. Setelah fitur ini diaktifkan, pengguna bisa melihat peningkatan kapasitas RAM di status bar atau di aplikasi pengukur kinerja seperti Antutu Benchmark.

Baca Juga:
Hasil EVOS vs Geek Slate di MPL S11: Macan Putih Tumbang, Geek Melesat ke Papan Atas

Fitur extended RAM adalah fitur yang sangat menarik dan bermanfaat bagi pengguna yang ingin mendapatkan performa maksimal dari ponsel mereka. Fitur ini bisa membuat ponsel lebih responsif, mulus, dan stabil saat menjalankan berbagai aplikasi dan game. Fitur ini juga bisa membantu menghemat baterai karena mengurangi beban kerja prosesor dan memori fisik. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk coba fitur extended RAM di ponsel kamu sekarang juga!