Cesar Uji Tawakal
Layar Samsung Galaxy S23 Ultra. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Refresh rate dan touch sampling rate adalah dua hal yang berkaitan dengan kinerja layar ponsel, tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Refresh rate adalah kemampuan layar untuk memperbarui gambar dalam satu detik.

Semakin tinggi refresh rate, semakin halus dan mulus tampilan gambar di layar. Touch sampling rate adalah kemampuan layar untuk membaca sentuhan jari dalam satu detik. Semakin tinggi touch sampling rate, semakin cepat dan responsif layar saat dioperasikan.

Refresh rate dan touch sampling rate saling berpengaruh terutama saat bermain game di ponsel. Refresh rate yang tinggi akan membuat gerakan karakter dan objek di game lebih nyata dan tidak patah-patah.

Baca Juga:
Huawei Watch Buds Perangkat 2 in 1, TWS dalam Smartwatch

Touch sampling rate yang tinggi akan membuat kontrol game lebih akurat dan tidak telat. Kedua hal ini akan meningkatkan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan dan memuaskan.

Beberapa contoh ponsel yang memiliki refresh rate dan touch sampling rate tinggi adalah Asus ROG Phone 5, Xiaomi Black Shark 4, OnePlus 9 Pro, dan Samsung Galaxy S21 Ultra.

Ponsel-ponsel ini memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz atau lebih. Ponsel-ponsel ini juga dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang mumpuni untuk menjalankan game-game berat dengan lancar.

Baca Juga:
Derby STM Hadir di Playoff MPL Season 11, Pemain BTR Siap Kalahkan AE 3 vs 0