Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Car charger. (Anker)

Tech.hitekno.com - Perjalanan mudik merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun, perjalanan yang panjang dan melelahkan bisa membuat baterai HP cepat habis.

Apalagi jika kita ingin mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga atau teman di sepanjang perjalanan. Lalu, bagaimana cara agar baterai HP awet saat perjalanan mudik? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

Wireless Charging. (.ist)

1. Gunakan mode hemat baterai

Baca Juga:
Hero Counter Eudora, Assassin Super Licin Ini Bisa Jadi Jawaban!

Mode ini biasanya tersedia di pengaturan HP dan bisa mengurangi konsumsi daya dengan cara menurunkan kecerahan layar, mematikan fitur-fitur yang tidak penting seperti Bluetooth, GPS, atau Wi-Fi, dan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Mode hemat baterai bisa membantu memperpanjang masa pakai baterai hingga beberapa jam.

2. Bawa power bank atau charger mobil

Power bank adalah alat yang bisa menyimpan daya listrik dan digunakan untuk mengisi ulang baterai HP saat tidak ada sumber listrik. Power bank bisa sangat berguna saat perjalanan mudik, terutama jika kamu sering menggunakan HP untuk berbagai keperluan. Pastikan kamu memilih power bank yang berkualitas dan memiliki kapasitas yang cukup untuk mengisi baterai HP beberapa kali. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa membawa charger mobil yang bisa disambungkan ke soket rokok mobil dan digunakan untuk mengisi baterai HP saat berkendara.

Baca Juga:
Elon Musk Dirikan Perusahaan Kecerdasan Buatan Baru, Ini Sebutannya

3. Kurangi penggunaan aplikasi atau fitur yang boros baterai

Beberapa aplikasi atau fitur yang bisa menyedot daya baterai dengan cepat adalah kamera, video, game, musik, sosial media, atau internet. Jika kamu tidak sedang membutuhkannya, sebaiknya kurangi penggunaan aplikasi atau fitur tersebut dan tutup aplikasi yang tidak digunakan. Kamu juga bisa mengatur kecerahan layar menjadi lebih rendah dan mematikan getaran atau nada dering yang tidak perlu.

4. Kurangi kecerahan layar HP

Baca Juga:
Cara Check In Online Garuda Indonesia, Langsung dapat Boarding Pass Tanpa Perlu Antre

Layar HP adalah salah satu komponen yang paling banyak mengonsumsi baterai. Anda bisa menghemat baterai dengan menurunkan kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar Anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur auto-brightness atau adaptive brightness agar layar HP bisa menyesuaikan kecerahan secara otomatis.

5. Gunakan mode hemat baterai atau power saving mode

Mode ini bisa membantu Anda menghemat baterai dengan cara membatasi aktivitas latar belakang, mengurangi frekuensi pembaruan aplikasi, atau menonaktifkan fitur animasi dan transisi. Anda bisa mengaktifkan mode ini secara manual atau otomatis saat baterai HP mencapai tingkat tertentu.

Baca Juga:
Oura Pakai Johnson Jungler dengan Item Magic OP Ini, Bisa Counter Melissa dan Joy?

Dengan melakukan tips-tips di atas, kamu bisa membuat baterai HP awet saat perjalanan mudik dan tetap bisa menikmati momen-momen berharga bersama orang-orang terkasih. Selamat mudik dan selamat Hari Raya Idul Fitri!