Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi HP. (Hitekno/Bing Image Creator)

Tech.hitekno.com - Apa penyebab layar smartphone lightsaber? Mungkin Anda pernah mendengar istilah ini, yang merujuk pada layar smartphone yang berwarna-warni seperti pedang laser di film Star Wars.

Layar lightsaber bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kerusakan LCD, arus listrik berlebih, atau dead pixel.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing penyebab tersebut:

Baca Juga:
Pengguna Apple di AS Disinyalir Tetap Tak akan Bisa Pasang Aplikasi Selain dari App Store

1. Kerusakan LCD: LCD adalah komponen yang menampilkan gambar di layar smartphone. Jika LCD rusak, misalnya karena tertekan, terjatuh, atau tertimpa benda berat, maka layar smartphone bisa mengalami gangguan warna, garis-garis, atau noda hitam.

2. Arus listrik berlebih: Arus listrik yang terlalu tinggi bisa merusak komponen elektronik di dalam smartphone, termasuk LCD. Arus listrik berlebih bisa terjadi karena penggunaan charger yang tidak sesuai, tegangan yang tidak stabil, atau korsleting. Akibatnya, layar smartphone bisa berubah warna secara acak atau berkedip-kedip.

3. Dead pixel: Dead pixel adalah kondisi di mana ada piksel di layar smartphone yang mati atau tidak berfungsi. Piksel adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar di layar. Jika ada piksel yang mati, maka akan terlihat seperti bercak hitam atau berwarna lain di layar. Dead pixel bisa disebabkan oleh faktor usia, debu, atau kerusakan fisik.

Baca Juga:
Ekspor Chip Taiwan Merosot Drastis, Ada Apa?

Cara mengatasi layar smartphone lightsaber tergantung pada penyebabnya. Jika kerusakan LCD atau arus listrik berlebih, maka solusinya adalah mengganti LCD dengan yang baru.

Jika dead pixel, maka bisa dicoba menggunakan aplikasi Pixel Fixer yang bisa merangsang piksel yang mati untuk kembali aktif. Namun, jika cara-cara tersebut tidak berhasil, maka sebaiknya membawa smartphone ke tempat servis yang profesional dan terpercaya.

Baca Juga:
Belum Mengudara Penuh, Lagi-Lagi Google Bard Tuai Kritik Pedas