Agung Pratnyawan
Oppo Find X6 Pro. (Oppo)

Tech.hitekno.com - Bukan iPhone pemilik kamera HP terbaik saat ini. Berdasarkan pengujian DxOMark, Oppo Find X6 Pro memuncaki daftar HP dengan kamera terbaik 2023 ini.

Tidak sendirian, Oppo bersama sederet HP Android lainnya berhasil melampaui kamera HP iPhone 14 Pro Max yang terkenal apik. Namun Oppo Find X6 Pro memuncaki daftar hasil pengujian DxOMark.

Sebagai diketahui, salah satu aspek yang diperhitungkan sebelum membeli smartphone adalah kamera. Bagaimana tidak, dengan fitur yang satu ini pengguna bisa sangat dimanjakan ketika mengambil gambar.

Baca Juga:
Kalahkan iPhone 14 Pro Max, Oppo Find X6 Pro Jadi Smartphone dengan Kamera Terbaik

Kamera HP yang bagus akan membuat pengguna yang suka dengan fitografi akan merasa sangat terbantu. Sebab mereka tak perlu repot-repot membawa DSLR saat pergi ke tempat-tempat indah yang ingin diabadikan fotonya.

Saat ini, banyak sekali perusahaan teknologi yang berlomba-lomba membekali produk mereka dengan teknologi kamera HP terbaik.

Dengan banyaknya raksasa teknologi yang mencoba menonjolkan kamera smartphone, konsumen membutuhkan estimasi pihak ketiga untuk menunjukkan produk terbaik.

Baca Juga:
Honor Magic5 Pro Jadi HP dengan Layar dan Kamera Terbaik versi DxOMark

Oleh karena itu, DxOMark yang didirikan pada tahun 2008 kerap digunakan sebagai tolok ukur independen yang menilai kualitas gambar smartphone, lensa, dan kamera secara ilmiah.

Apa itu DxOMark?

Oppo Find X6 Pro. (Oppo)

DxOMark menggunakan uji ilmiah untuk menentukan HP dengan kamera terbaik versi mereka.

Baca Juga:
7 HP dengan Kamera Terbaik Ini Bikin Foto Makin Ciamik: Intip Spesifikasi dan Harganya

Penggunaan pendekatan objektif dan ilmiah untuk pengujian kualitas gambar dan analisis perseptual menjadikan DxOMark otoritas nomor satu menurut pers teknologi dan pengembang produk.

Protokol ilmiah ini, menggunakan alat lab kelas industri, menciptakan skor DxOMark. Jika skornya tinggi, kualitas gambar atau videonya bagus.

Kamera HP baru yang menerima skor DxOMark buruk kemungkinan besar tidak akan mendapat ulasan bagus di majalah teknologi favorit kamu.

Baca Juga:
Rekomendasi 7 HP Xiaomi dengan Kamera Terbaik

Menurut penelitian tersebut, ternyata HP dengan kamera terbaik bukanlah iPhone melainkan produk dari Oppo.

Ya, Oppo Find X6 Pro mendapatkan skor 153 dari beberapa aspek pengujian dan membuatnya jadi HP dengan kamera terbaik sejauh ini.

Pada akhir Maret 2023 kemarin, Oppo akhirnya resmi meluncurkan duo Find X6 dan X6 Pro. Seri HP flagship ini mengandalkan performa kamera, terutama untuk varian Pro.

Secara detail, Oppo Find X6 dibekali dengan layar berukuran 6,82 inci berteknologi AMOLED dengan refresh rate 120Hz. S

Oppo Find X6 Pro ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM 12GB/16GB, serta pilihan memori internal 256GB/512GB.

Dari segi baterai, flagship ini menjagokan kapasitas 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 100W dari SuperVOOC. Diklaim, kemampuan pengisiannya bisa sampai 100% dalam 28 menit.

Bicara soal kamera, Oppo Find X6 punya tiga kamera utama dengan spesifikasi sebagai berikut.

Oppo Find X6 series. (Oppo China)

Kamera utamanya beresolusi 50MP (f/1.8, OIS, PDAF) dengan sensor 1-inci dari Sony IMX989. Sensor ini sebelumnya sudah dipakai pada Xiaomi 13 Pro dan Vivo X90 Pro.

Kamera keduanya juga beresolusi 50MP (f/2.2, OIS, PDAF) untuk tangkapan gambar lebar (ultrawide).

Kamera ini pakai sensor 1/1.56-inci dari Sony IMX890. Sensor tersebut adalah yang terbesar untuk kamera HP ultrawide di pasaran saat ini.

Terakhir, kamera ketiga punya fungsi periskop telefoto yang lagi-lagi beresolusi 50MP (f/2.6, OIS, PDAF). Sensornya juga 1/1.56-inci dari Sony IMX890 dan mampu melakukan optical zoom hingga 2,8x.

HP dengan kamera terbaik 2023 versi DxOMark:

  1. Oppo Find X6 Pro - 153
  2. Honor Magic5 Pro - 152
  3. Oppo Find X6 - 150
  4. Huawei Mate 50 Pro - 149
  5. Google Pixel 7 Pro - 147
  6. Honor Magic4 Ultimate - 147
  7. Apple iPhone 14 Pro Max - 146
  8. Apple iPhone 14 Pro - 146
  9. Huawei P50 Pro - 143
  10. Apple iPhone 13 Pro -141

Itulah 10 daftar HP dengan kamera terbaik 2023 versi DxOMark. Bukan iPhone kan?