Cesar Uji Tawakal
Samsung Exynos

Tech.hitekno.com - Industri otomotif mengalami perubahan yang pesat. Mobil semakin mirip dengan komputer dan ponsel pintar, dengan kemampuan untuk melakukan berbagai fungsi. Hal ini membuka peluang baru untuk kolaborasi antara produsen mobil dan perusahaan teknologi. Baru-baru ini, Samsung telah mengungkapkan chip Exynos Auto terbarunya yang canggih, yang akan menggerakkan Mobil Hyundai mulai tahun 2025.

Dilansir dari Gizmochina, Samsung dan Hyundai telah mengumumkan kemitraan untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik generasi berikutnya. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Samsung akan menyediakan prosesor Exynos-nya untuk digunakan dalam mobil listrik Hyundai.

Prosesor Exynos adalah keluarga prosesor mobile yang telah digunakan dalam ponsel pintar dan tablet selama bertahun-tahun. Namun, Samsung sedang mengembangkan chip khusus bernama Exynos Auto V920 untuk digunakan dalam mobil listrik. Chip ini akan menggerakkan sistem hiburan terbaru dan fitur bantuan mengemudi canggih Hyundai.

Baca Juga:
Mengenal Siapa Dibo, Pro Player Malaysia yang Ramai dengan RRQ Lemon

Exynos Auto V920 adalah chip yang powerful yang dirancang untuk memenuhi tuntutan mobil modern. Ia memiliki CPU 10-core, GPU yang kuat, dan Neural Processing Unit (NPU) yang dapat menghandle fitur-fitur bantuan mengemudi canggih. Chip ini juga mendukung hingga enam layar resolusi tinggi dan hingga 12 sensor kamera.

V920 menawarkan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya dari chip Exynos Auto. CPU-nya 1,7 kali lebih cepat, GPU-nya dua kali lebih cepat, dan NPU-nya 2,7 kali lebih cepat. Hal ini akan memungkinkan pengalaman hiburan yang responsif dan immersif, serta performa yang lebih baik untuk fitur-fitur bantuan mengemudi canggih.

V920 juga dirancang untuk memenuhi persyaratan ASIL-B (Automotive Safety Integrity Level B). Ini berarti bahwa chip ini telah dirancang untuk memenuhi standar keamanan tertinggi untuk aplikasi otomotif. Hal ini penting bagi Hyundai yang berkomitmen untuk menyediakan kendaraan yang aman dan handal.

Baca Juga:
6 Item Build Layla Tersakit ala Tuturu, Bikin MVP di Mobile Legends

V920 merupakan perkembangan yang signifikan bagi Samsung dan Hyundai. Hal ini menunjukkan bahwa Samsung serius dalam pasar otomotif, dan memberikan Hyundai chip baru yang powerful yang dapat membantu membedakan kendaraannya dari pesaing. V920 diperkirakan akan tersedia dalam mobil Hyundai mulai tahun 2025.