Kamis, 05 Januari 2023 | 15:07 WIB

Investasi ke OpenAI, Microsoft Ingin Pasang ChatGPT ke Bing

Agung Pratnyawan
Microsoft Bing. (Microsoft)
Microsoft Bing. (Microsoft)

Tech.hitekno.com - Microsoft dilaporkan ingin memasang teknologi ChatGPT ke mesin pencari Bing. Hal ini sebagai upaya peningkatan yang dilakukan pada mesin pencari milik Microsoft tersebut.

Mesin pencari Microsoft Bing tersebut dikembangkan untuk bisa selaras dengan kebutuhan pengguna dan memberikan hasil dengan cara yang lebih manusiawi.

Menurut The Information, Microsoft berencana untuk menggabungkan perangkat lunak OpenAi yang menggerakkan ChatGPT dalam Bing.

Baca Juga: Microsoft akan Integrasikan Bing dengan Kecerdasan Buatan OpenAI

Langkah ini diharapkan dapat membantu Microsoft Bing mengejar (atau bahkan mungkin lebih cemerlang) dari mesin pencari Google.

Investasi Microsoft ke OpenAi

Pada 2019 silam, Microsoft telah menginvestasikan 1 miliar dolar AS dalam OpenAI. Bahkan sedang melakukan pemicaraan dengan perusahaan startup yang didirikan Elon Musk tersebut.

Baca Juga: Cerdasnya Bukan Main, Kehadiran OpenAI Bikin Google Panik

Diduga kalau Microsoft berencana untuk melanjutkan investasi mereka kepada OpenAI.

Paling aru, The Information melaporkan bahwa investasi awal Microsoft termasuk kesepakatan untuk memasukkan beberapa aspek GPT ke dalam Bing.

OpenAI mengembangkan GPT sebagai model bahasa yang menggunakan pembelajaran mendalam untuk menghasilkan respons teks mirip manusia.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik OpenAI, Jadi Gambaran Teknologi Masa Depan

Akhir tahun lalu, ia meluncurkan program bernama ChatGPT yang dengan cepat meroket popularitasnya, karena kemampuannya untuk mengembalikan tanggapan yang sepertinya ditulis oleh orang yang sebenarnya.

Pendidik mengemukakan kekhawatiran bahwa itu dapat dengan mudah digunakan untuk menyontek.

Mereka yang mencoba alat tersebut mengatakan bahwa mereka akan memberikan tanggapan dengan nilai yang baik jika seorang siswa mengaku telah menulisnya.

ChatGPT gratis untuk saat ini, tetapi OpenAI bermaksud mengenakan biaya untuk penggunaannya di masa mendatang.

Apa arti integrasi GPT untuk Bing tidak jelas pada saat ini. Itu tidak memiliki kemampuan untuk mengorek internet untuk mendapatkan hasil, jadi Microsoft akan tetap menggunakan teknologi mesin pencarinya sendiri.

Namun, The Information mengatakan itu dapat membantu Bing menyajikan hasil kepada pengguna dengan cara yang lebih ramah.

Sebuah sumber yang "akrab dengan sistem Bing" mengatakan kepada publikasi bahwa Microsoft dapat menggunakan teknologi tersebut untuk menyajikan hasil pencarian sebagai jawaban kalimat lengkap dengan sumber informasinya.

Jika Bing menyarankan kueri terkait dengan yang asli, GPT dapat menjelaskan relevansinya dengan cara yang bermakna.

Teknologi ini juga dapat membantu Bing menyarankan kata kunci atau frasa kunci yang lebih baik kepada pengguna.

Microsoft dapat meluncurkan integrasi GPT paling cepat Maret ini, seperti diinfo The Information, dilansir laman Engadget, Kamis (5/1/2023).

Itulah laporan terkini dari rencana Microsoft untuk mengintegrasikan teknologi ChatGPT pada mesin pencari Bing mereka. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami