Sabtu, 07 Januari 2023 | 19:11 WIB

Fitur Baru WhatsApp Ini Jadi Solusi saat Ada Pemblokiran Internet

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Banyak pemerintah di seluruh dunia menindak layanan internet, baik itu karena kerusuhan politik, protes secara umum, atau karena alasan lain. Untungnya, WhatsApp memiliki solusi dengan fitur terbarunya.

Dilansir dari Android Authority, perusahaan milik Meta itu telah mengumumkan dukungan proxy di WhatsApp, memungkinkan orang untuk tetap terhubung ke layanan perpesanan jika diblokir atau diganggu oleh pihak berwenang.

"Memilih proxy memungkinkan Anda terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi di seluruh dunia yang didedikasikan untuk membantu orang berkomunikasi secara bebas," jelas perusahaan. WhatsApp juga mencatat bahwa pesan yang dikirim dan diterima melalui proxy masih menawarkan enkripsi ujung ke ujung, tetapi memperingatkan bahwa alamat IP Anda akan dibagikan dengan penyedia proxy pihak ketiga.

Baca Juga: Update Bracket M4 World Championship: ONIC Lawan Tim Mana?

Ingin terhubung ke WhatsApp melalui proxy? Kemudian tim menyarankan agar Anda terlebih dahulu mencari di web atau media sosial untuk menemukan proxy dari sumber yang memiliki reputasi baik. Anda kemudian harus mengunjungi Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Proxy > Gunakan Proxy > Set Proxy. Dari sini, Anda kemudian akan memasukkan alamat proxy yang diinginkan dan mengetuk simpan.

Perlu dicatat bahwa solusi ini tidak akan berfungsi jika konektivitas internet benar-benar dimatikan di suatu negara. Jadi, Anda harus mengandalkan aplikasi perpesanan peer-to-peer sebagai gantinya. Tapi ini masih merupakan alat yang berguna bagi orang-orang di rezim otoriter.

Baca Juga: Coach Zeys Percaya Diri Sebut EVOS Bisa Lolos Top 4 di M4 World Championship

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami