Sabtu, 14 Januari 2023 | 16:25 WIB

Cara Setting Developer Option di MIUI agar Tidak Lag saat Ngegame

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi MIUI 14. (Xiaomi China)
Ilustrasi MIUI 14. (Xiaomi China)

Tech.hitekno.com - Cara setting Developer Option di MIUI dapat membantu kamu agar tidak lag saat bermain game. Setting Developer Option adalah menu yang tidak semua pengguna mengaksesnya. Google telah menyertakan semua jenis opsi di sini bagi pengembang aplikasi untuk menguji aplikasi mereka dengan lebih baik.

Banyak pengaturan yang tidak diketahui dapat diubah dari sini. Ukuran layar, kecepatan animasi, mode USB default, debugging USB, multi window, dan lainnya. Kita juga bisa melihat penggunaan RAM melalui panel ini.

Alasan mengapa Google menyembunyikan menu ini adalah karena mengubah beberapa opsi yang tidak diketahui berisiko merusak perangkat. Penasaran bagaimana cara settingnya? Berikut cara setting Developer Option di MIUI yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: 6 Fakta Nusantara Project OS Android Racikan Tanah Air Bikin HP Enteng

Cara Setting Developer Option di MIUI untuk Game

1 Pastikan HP masuk ke Developer Mode dengan masuk ke settings > about phone > tap 7x pada MIUI version sampai muncul developer options telah aktif.
2. Lalu masuk ke developer options di settings > additional settings > developer option, maka kamu akan menemukan menu berikut:

  • Log Buffer Sizes
    Scroll ke bawah sampai kamu menemukan Log Buffer Sizes, secara default setting berada di angka 256K, untuk memaksimalkan gaming di sini kamu bisa ubah menjadi off.
  • Xiaomi logger buffer size
    Dengan memilih setting Log Buffer Size menjadi off, multitasking agak sedikit kurang maksimal, karena akan sering reload aplikasi. Jadi sebaiknya aktifkan seperti semula ketika selesai bermain game.
  • Game Driver Preference
    Setelah dari Log buffer sizes scroll ke bawah sampai bertemu menu game driver preference. Di sini ada beberapa pilihan antara lain Default, Game Driver, Prerelease Driver, dan System Graphic Driver.
  • Xiaomi Game Driver Preference
    Untuk memaksimalkan gaming kamu bisa pilih Game Driver, untuk menu ini tidak perlu dikembalikan seperti semula, tetapi tidak semua ROM Xiaomi ada menu ini.

3. Disable Overlay Hardware

Baca Juga: Daftar Harga Paket Internet Iconnet PLN dan Cara Berlangganannya, Promo Gratis Pasang

Dengan mengaktifkan menu ini akan memaksa HP untuk menggunakan GPU dalam menampilkan konten di layar. Menu ini bisa mengurangi lag, tapi membuat HP lebih cepat panas, jadi setelah bermain game sebaiknya di matikan.

Itulah cara Setting Developer Option di MIUI agar tidak lag saat bermain game. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Laptop Windows dan Mac

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami