Selasa, 31 Januari 2023 | 14:40 WIB

AI Cerdas ChatGPT Pukul Dunia Pendidikan, Bikin Sekolah Enggan Kasih PR Essay

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)
Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Tech.hitekno.com - ChatGPT OpenAI adalah alat yang ampuh yang dapat menghasilkan ucapan seperti manusia yang mana mungkin terlalu cerdas untuk beberapa sekolah.

Dilansir dari Windows Central, Alleyn's School di London tenggara sedang mempertimbangkan untuk menyingkirkan pemberian esai sebagai pekerjaan rumah karena ChatGPT.

Alat AI dapat digunakan untuk memenuhi tugas dengan sedikit usaha yang mana tentu berpotensi membawa dampak buruk di dunia pendidikan.

Baca Juga: Diklaim Bisa Jawab Semua Pertanyaan, Ini Keterbatasan ChatGPT

Meskipun kecerdasan buatan bukanlah hal baru, ChatGPT membawanya ke ujung jari orang-orang dengan antarmuka yang disederhanakan.

Alat ini diluncurkan pada November 2022 dan telah menjadi berita utama sejak itu. ChatGPT menghasilkan esai yang mendapatkan bintang A, yang merupakan nilai tertinggi yang dapat diperoleh seseorang di Inggris.

Logo OpenAI. (OpenAI)
Logo OpenAI. (OpenAI)

"Saat ini, anak-anak sering dinilai menggunakan esai pekerjaan rumah, berdasarkan apa yang telah mereka pelajari dalam pelajaran. Jelas jika kita berada di dunia di mana anak-anak dapat mengakses tanggapan yang masuk akal ... maka gagasan untuk mengatakan lakukan saja ini untuk pekerjaan rumah harus pergi," kata kepala sekolah Alleyn's School Jane Lunnon.

Baca Juga: Cara Pakai ChatGPT, Teknologi AI yang Bisa Jawab Semua Pertanyaan

Lunnon menjelaskan bahwa pekerjaan rumah akan terus berguna untuk latihan, tetapi penilaian dan tugas yang diawasi akan diperlukan untuk "data yang dapat diandalkan tentang apakah anak-anak memperoleh keterampilan dan informasi baru."

Selain kekhawatiran anak-anak tidak mempelajari materi pelajaran yang diberikan kepada mereka, Lunnon mengungkapkan kekhawatirannya tentang siswa yang tidak dapat belajar dari kesalahan. 

"Sekolah adalah tempat kita belajar apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Ini juga tempat kita belajar apa yang tidak boleh dilakukan. Apa yang tidak berhasil," kata kepala sekolah.

Baca Juga: Microsoft akan Jejalkan ChatGPT ke Layanan Cloud Azure

"Bagaimana melakukan kesalahan dan bagaimana menghadapinya. Kita semua tahu betapa pentingnya belajar untuk gagal."

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami